androidvodic.com

Konferensi Perburuhan Internasional ke-111 Diklaim Lahirkan Hasil Positif untuk Indonesia, Apa Saja? - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JENEWA - Konferensi Perburuhan Internasional (International Labour Conference/ILC) ke-111 telah resmi ditutup.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan konferensi perburuhan internasional ini melahirkan hasil yang positif bagi Indonesia.

Beberapa rekomendasi dan resolusi ILC antara lain adopsi standar internasional pemagangan berkualitas, transisi yang adil, pelindungan tenaga kerja dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta laporan program dan anggaran ILO 2024/25.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah Berharap RUU Pelindungan Pekerja Rumah Tangga Dapat Disahkan Tahun Ini

Hasil ini tentunya akan membawa dampak positif bagi Indonesia dalam pembangunan ketenagakerjaan khususnya untuk memajukan keadilan sosial.

Dalam sidang pleno ILC ke-111, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dalam pidato nasionalnya menyoroti tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan keadilan sosial di dunia kerja.

Pertama, memastikan ketersediaan penyerapan tenaga kerja secara menyeluruh dan produktif serta pentingnya pembelajaran sepanjang hayat.

Kedua, revitalisasi kelembagaan pasar kerja sebagai kunci untuk mengurangi ketidaksetaraan di dunia kerja.

Terakhir, meningkatkan kualitas serta kondisi kerja melalui pelindungan bagi pekerja dalam mendukung transisi yang berkeadilan akibat perubahan iklim.

Ia juga menekankan pentingnya akses pekerja terhadap pelindungan sosial yang komprehensif melalui keterlibatan semua pemangku kepentingan dan kerja sama internasional yang lebih luas.

"Bagi kami, keadilan sosial adalah bagian dari lima prinsip dasar Negara Indonesia, yang dirancang oleh para pendahulu kami untuk mencapai kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Indonesia mendukung sepenuhnya agenda memajukan keadilan sosial ini untuk dilaksanakan secara komprehensif dan tanpa meninggalkan siapapun," kata Menteri Ketenagakerjaan dalam keterangannya, Minggu (18/6/2023).

Di sela-sela kegiatan ILC ke-111 ini, Menaker Ida juga mengajak menteri-menteri ketenagakerjaan di kawasan ASEAN untuk melakukan breakfast meeting.

Dirjen ILO Gilbert Huongbo turut hadir dalam pertemuan itu.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida mengajak negara-negara ASEAN untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendorong peningkatan daya saing kawasan ASEAN terhadap ekonomi global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat