androidvodic.com

Makin Efisien, QRIS Segera Dipakai Untuk Tarik-Setor Tunai dan Transfer Uang - News

News, JAKARTA -- Layanan keuangan QRIS kini semakin banyak digunakan karena banyak manfaatnya bagi masyarakat.

Kini Bank Indonesia telah mempersiapkan menambah fitur baru yang sangat penting yaitu menggunakan QRIS untuk tarik dan setor tunai dan transfer menambah fitur yang selama ini hanya untuk pembayaran saja.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengungkapkan program ini dinamakan QRIS Tuntas dan akan diluncurkan pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Ini Serunya Bertransaksi Dengan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

Rencananya, fitur tersebut akan meluncur pada Agustus 2023.

“Sebagai kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia,” ujar Fili dalam dalam konferensi pers RDG BI, Kamis (22/6/2023).

Ia menambahkan saat ini sudah ada 16 peserta yang siap untuk memberikan fitur tersebut untuk layanan QRIS.

Fili menyebut BI telah melakukan piloting untuk fitur tersebut sejak 2021.

Lebih lanjut, Fili menjelaskan ada beberapa manfaat yang diharapkan dari penambahan fitur ini untuk meningkatkan kualitas layanan sistem pembayaran digital.

Pertama, ini bisa digunakan untuk optimalisasi sumber dana yang dipakai dari yang selama ini hanya simpanan menjadi bisa dari uang elektronik.

Kedua, diharapkan bisa meningkatkan interkoneksi karena nanti bisa dilakukan antar bank, antar non bank maupun bank ke non bank.

“Terakhir, untuk inklusi karena tarik tunai bisa digunakan di wilayah terdepan, terluar dan terpencil. Jadi kalau tidak ada atm maupun bank tidak masalah, sepanjang ada merchant QRIS,” ujarnya.

Sebagai informasi, penambahan jumlah pengguna dan merchant QRIS sampai Mei 2023 telah mencapai masing-masing 35,80 juta dan 26,1 juta. Sementara, total volume transaksi sebesar 744 juta.

Baca juga: Batas Pelaporan SPT Masa PPN Diperpanjang hingga 3 Juli 2023, Simak Rinciannya

Dengan semakin praktisnya penggunaan teknologi ini, diperkirakan penggunaan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) pun lambat laun akan ditinggalkan.

Paling Cepat di Dunia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat