androidvodic.com

Libur Idul Adha, ASDP Prediksi Kenaikan Trafik Penumpang dan Kendaraan hingga 10 Persen - News

News, MERAK - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak dan Bakauheni memprediksi terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5 persen-10 persen selama libur panjang Idul Adha 1444 H.

General Manager ASDP Cabang Merak, Suharto menyampaikan kesiapan layanan Cabang menyambut arus berangkat dan balik pada momentum libur panjang Hari Raya Idul Adha pekan ini.

“Dengan adanya prediksi puncak arus mudik libur panjang Idul Adha di tanggal 28 Juni 2023, sejak minggu lalu telah mempersiapkan berbagai fasilitas dalam mendukung operasional penyeberangan dan pelabuhan," tutur Suharto, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Libur Idul Adha, PT ASDP Bakauheni Siapkan 54 dari Total 64 Kapal

Adapun sarana kapal yang disiapkan di lintas Merak-Bakauheni, melalui koordinasi dan jadwal yang ditetapkan oleh BPTD sebanyak 28 unit kapal akan dioperasikan 24 jam selama periode libur panjang Idul Adha.

Cabang Merak akan mengoperasikan 6 dermaga, terdiri dari 5 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif. Hal ini diharapkan dapat mendukung kelancaran angkutan penyeberangan serta memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna jasa.

Lalu, sebanyak 13 unit vending machine untuk boarding dan check-in tiket penumpang, terdiri dari 8 unit layanan reguler dan 5 unit layanan eksekutif, 15 unit loket toll gate untuk boarding dan check-in tiket kendaraan, yang terdiri dari 8 unit loket roda empat atau lebih, 2 unit loket kendaraan roda dua, dan 5 unit loket eksekutif.

ASDP telah memastikan serta meningkatkan standar keamanan dan pengawasan selama periode Lebaran Haji berlangsung.

Baca juga: ASDP Siap Operasikan 27 unit Kapal di Lintas Kayangan-Pototano Dukung Kejuaraan Dunia MXGP 2023

“Kami telah menyediakan 136 unit CCTV yang tersebar di seluruh area Pelabuhan Merak. Selain itu, untuk mengantisipasi antrean panjang pada arus mudik, area parkir juga telah disiapkan dengan kapasitas mencapai 5.349 unit kendaraan kecil,” jelasnya.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan puncak arus balik dari Bakauheni diperkirakan terjadi pada tanggal 2 Juli 2023, sesuai dengan berakhirnya cuti bersama bagi ASN yang jatuh pada tanggal 28 hingga 30 Juni 2023 serta berakhirnya libur sekolah. “Berdasarkan data perbandingan antara Idul Adha 2022 dan Idul Adha 2019, ASDP Cabang Bakauheni memperkirakan adanya peningkatan trafik kendaraan sebesar 1 persen dibandingkan dengan Idul Adha 2022, dengan total kendaraan mencapai 9.972 unit kendaraan setiap hari,” ujarnya.

Wajib Bertiket H-1

Dengan adanya peningkatan jumlah penumpang baik di Merak maupun Bakauheni tersebut, Corporate Secretary Shelvy Arifin meminta agar para pengguna jasa yang akan berlibur dengan menggunakan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan agar tidak mengalami antrian. Dan untuk kelancaran perjalanan, idealnya pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya.

"Ini kuncinya, agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari melalui Ferizy. Karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat