androidvodic.com

KAI Daop 1 Catat Empat Stasiun Telah Berangkatkan 38.200 Penumpang pada H-1 Iduladha 2023 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - KAI Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 38.200 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi dan Cikarang pada H-1 Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah atau pada Rabu (28/6/2023).

Pelaksana harian Manager Humas Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih mengatakan, jumlah tersebut menunjukkan volume penumpang berangkat sudah mengalami peningkatan.

Tercatat, sekitar 16.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 31 KA yang beroperasi. Sedangkan dari Stasiun Gambir mencapai sekitar 15.500 dengan layanan 34 KA beroperasi.

Baca juga: Promo KAI: Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Tujuan Stasiun Madiun, Jadwal Keberangkatan Juli 2023

"Selebihnya merupakan keberangkatan dari Stasiun Jatinegara, Bekasi, Karawang dan Cikampek," kata Feni saat dihubungi Tribunnews, Rabu.

Secara total, kata Feni, okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta pada hari ini telah mencapai 101 persen.

"Angka tersebut masih dapat terus meningkat karena proses penjualan tiket masih terus berlangsung," jelasnya.

Di sisi lain, KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada pelanggan KA, agar memperhatikan Kembali jadwal keberangkatan KA.

Pasalnya, KAI sudah memberlakukan Gapeka baru yakni Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) Tahun 2023 mulai 1 Juni lalu. Sehingga ada perubahan pada jadwal keberangkatan kereta api.

"Terjadi kebiasaan baru dari dampak perubahan Gapeka Baru sejak 1 Juni 2023 lalu. Kenaikan volume penumpang di Stasiun Bekasi hampir 2 kali lipat dari sebelumnya," ungkap Feni.

Feni menambahkan, hal serupa juga terjadi di Stasiun Cikarang, jumlah penumpang mengalami peningkatan. Pasalnya, semakin banyak jumlah KA yang berhenti di stasiun-stasiun tersebut.

"Stasiun Bekasi misalnya, sebelumnya ada 23 KA yang berhenti sedang pada Gapeka 2023 ada 47 KA Reguler yang berhenti untuk melayani naik penumpang. Artinya keberadaan KA-KA tersebut disambut baik oleh masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada pelanggan KA perihal aturan naik kereta api sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat