androidvodic.com

LRT Jabodebek Akan Beroperasi Komersial di Agustus 2023, Ujicoba 12 Juli 2023 - News

News, JAKARTA - LRT Jabodebek ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada bulan Agustus 2023. Ujicoba operasinya akan dilakukan pada 12 Juli 2023.

"Pada tanggal 12 juli nanti, kita mulai lakukan ujicoba operasional terbatas dengan tarif Rp 1 rupiah yang dilakukan oleh KAI. Diharapkan pada 18 Agustus 2023 akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi dan beroperasi secara komersial," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6/2023).

Menhub mengatakan, jika menggunakan LRT Jabodebek perjalanan dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Harjamukti, Cibubur adalah 39 menit. Sementara dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur adalah 43 menit.

"Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan sekalipun lewat tol, yang waktu tempuhnya bisa sekitar dua jam. Dengan naik LRT mampu memangkas waktu sepertiganya. Ini angka yang signifikan," ucap Menhub.

Dia mengungkapkan, LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari. Jika digabung dengan penumpang KRL Jabodetabek sebanyak 1,2 juta penumpang, maka secara total akan ada 1,7 juta penumpang per hari yang diangkut menggunakan kedua angkutan massal tersebut.

Menhub menyatakan, pemerintah ingin memastikan konektivitas melalui angkutan massal dapat dilakukan lebih baik. Sehingga masyarakat yang beralih ke angkutan massal semakin banyak.

"Karena ongkos yang harus dibayar tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naik LRT bisa lebih murah, cepat, tidak macet dan bebas polusi," ucap Menhub.

PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyatakan mendukung penuh pembangunan LRT Jabodebek dalam rangka mengurangi kemacetan di kota Jakarta dan kota di sekitarnya.

Baca juga: Rute LRT Jabodebek Akan Diperpanjang Sampai Bogor, KAI: Setelah 2024

Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menyebut, per Juni 2023, keseluruhan proses persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09 persen dan menyisakan pekerjaan terkait kalibrasi sistem operasi.

“Kami juga tengah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan aspek keselamatan terpenuhi, sehingga dapat segera dikeluarkan izin operasinya. Kita harapkan prosesnya berjalan lancar dan sesuai target agar masyarakat bisa segera menikmati layanan LRT Jabodebek,” tutur Risal.

Baca juga: Menteri Perhubungan Budi Karya: Uji Coba LRT Jabodebek Dilakukan 12 Juli 2023, Tarif Hanya Rp 1

Izin operasi ditargetkan dapat dikeluarkan pada bulan Juli, sehingga dapat dilakukan ujicoba operasi atau soft launching, sebelum nantinya beroperasi secara komersial pada bulan Agustus.

Selain kesiapan operasional LRT Jabodebek, integrasi antarmoda antara layanan LRT Jabodebek dengan layanan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan.

Laporan reporter: Vendy Yhulia Susanto | Sumber: Kontan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat