androidvodic.com

Asosiasi E-Commerce Bantah Project S TikTok Shop Beroperasi di Indonesia - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Pemerintah mengkhawatirkan Project S TikTok Shop yang diinisiasi TikTok akan merugikan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tanah Air.

Namun Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mengatakan  Project S TikTok Shop saat ini tidak ada di Indonesia.

"Project S dari Tik Tok, saat ini tidak ada di Indonesia. Mengenai model bisnis ini, masih kami pelajari lebih jauh," kata Wakil Ketua idEA Budi Primawan kepada Tribunnews melalui pesan singkat, Jumat (7/7/2023) malam.

Sebelumnya, kekhawatiran akan Project S TikTok Shop dikemukakan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dia mengatakan, Project S TikTok Shop dapat merugikan UMKM.

Project S TikTok Shop dicurigai menjadi cara perusahaan untuk mengoleksi data produk yang laris-manis di suatu negara, untuk kemudian diproduksi di China.

Budi kembali memastikan bahwa Project S TikTok Shop ini tidak ada di Indonesia. Mengenai detailnya, ia sarankan agar menanyakan langsung ke pihak TikTok.

"Memang tidak ada (Project S TikTok Shop di Indonesia). Kalau detail mengenai rencana perusahaan, mungkin lebih tepat ditanyakan ke mereka (pihak TikTok)," ujarnya.

Tiktok Indonesia sendiri telah menanggapi mengenai polemik ancaman Project S Tiktok Shop ini.

Mengutip Kompas.com, TikTok Indonesia buka suara terkait Ketakutan KemenKopUKM tentang Project S TikTok Shop yang pertama kali mencuat di Inggris ini.

Baca juga: TikTok Shop Rugikan UMKM, Menkop Teten Masduki Minta Revisi Permendag Nomor 50 Dipercepat

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa inisiatif e-commerce sebagaimana tercantum di dalam artikel di atas (Project S Tiktok Shop) tidak tersedia di Indonesia," demikian keterangan resmi Tiktok Indonesia yang diterima Kompas.com pada Jumat (7/7/2023) malam.

"Tidak ada bisnis lintas batas (cross-border) di TikTok Shop Indonesia," lanjut pihak Tiktok Indonesia.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Status Online di TikTok

TikTok Indonesia berkomitmen untuk memberdayakan penjual lokal dan UMKM di Indonesia, dan akan terus berinvestasi di Indonesia. Salah satunya adalah inisiatif TikTok Jalin Nusantara yang telah diumumkan pada acara TikTok SEA Impact Forum.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat