androidvodic.com

BUMN Holding Industri Pertambangan Ikut Berperan Jaga Kualitas Kesehatan Warga di Lingkar Tambang  - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, BANGKA BELITUNG  - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang ada di lingkar tambang.

Mereka mendorong BUMN di bawahnya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Baca juga: Aksi Wartawan dan MIND ID Gerebek Sampah Serta Tanam Ratusan Pohon di Aliran Sungai Cisadane

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, tak hanya pelayanan kesehatan, BUMN didorong membantu program pemerintah daerah setempat.

Heri mencontohkan, salah satu anggotanya, PT Timah Tbk, MIND ID membuat program CSR berupa program Mobil Sehat atau Oto Sihat.

Sepanjang Januari-Juni 2023, program Mobil Sehat telah melayani sebanyak 1.287 masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: MIND ID Ngotot Jadi Pengendali Vale, Bidik Penguasaan Saham Mayoritas

"Sebanyak 12 lokasi telah mendapatkan pelayanan kesehatan melalui program Mobil Sehat," katanya, Sabtu (8/7/2023).

Program Timah Tbk ini sesuai upaya Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta.

"Peningkatan tersebut dilakukan sesuai dengan kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pembangunan di bidang kesehatan pada 2020-2024," katanya.

Masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang dilengkapi dengan tenaga medis dan obat-obatan dan BUMN melakukan sistem jemput bola dengan mendatangi masyarakat hingga ke dusun-dusun.

Program Mobil Sehat juga turut berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta.

Cakupan kesehatan semesta dapat dicapai dengan melakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar.

"Selain itu, upaya promotif dan preventif yang didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi juga sangat diperlukan," katanya.

Baca juga: DPR Ingin MIND ID Jadi Pemegang Saham Pengendali Vale Indonesia Lewat Divestasi

Seorang warga dari Desa Terak, Kabupaten Bangka Tengah, Evilianti, mengaku senang dan sangat terbantu dengan kehadiran Mobil Sehat.

Evilianti berharap, ikhtiar pengobatan ini bisa menyembuhkan penyakitnya.

Manfaat Mobil Sehat PT Timah Tbk juga dirasakan seorang warga Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Indo.

Menurut Indo, pelayanan Mobil Sehat membuatnya senang karena memudahkan warga yang ingin memeriksakan kesehatannya.

"Pelayanan kesehatan ini juga dilengkapi dengan cek tensi, kolesterol, gula darah, hingga asam urat. Para warga juga bisa leluasa berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan yang sedang dialami," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat