androidvodic.com

Video Petugas Hentikan Pengendara saat Masuk Pintu Tol, Disangka Tak Bayar - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News - Video pengendara mobil diberhentikan petugas jalan tol belum lama ini diunggah akun Instagram @dashcam_owners_indonesia pada Sabtu (7/7/2023).

Dalam video tersebut, pengemudi melewati gerbang tol tanpa berhenti alias tidak melakukan tap kartu, sehingga petugas meneriaki pemilik mobil untuk membayar terlebih dahulu.

"Woi woi, bayar dulu woi," teriak petugas tol dari video yang diunggah @dashcam_owners_indonesia.

Baca juga: Roatex Indonesia Gelontorkan 300 Juta Dolar AS untuk Proyek MLFF, Realisasi Baru 30 Persen

"Kenapa pak? Pakai Flow, kenapa?" kata pengemudi.

"Bapak sudah bayar belum?" ucap petugas tol lagi.

"Enak saja, lihat dulu. Kok nuduh saya ngga bayar tol. Saya ada kamera kalau tidak percaya," ujar pengemudi menjelaskan.

"Saya pikir bapak nggak pakai Flow pak," ujar petugas tol menambahi.

Dalam video tersebut, pengemudi mobil telah secara sah melakukan pembayaran tol menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau transaksi nirsentuh.

Sebagai informasi, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR tengah melakukan uji coba sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang dimulai pada 1 Juni 2023 di Jalan Tol Bali Mandara.

Baca juga: Masa Transisi MLFF Berlaku Juni, PUPR: Masih Gunakan Gardu Tol

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dikutip dari laman website BPJT, Minggu (9/7/2023).

Danang menjelaskan, dengan MLFF menggunakan aplikasi ini maka sistem transaksi tol akan lebih cepat, karena pengguna tidak perlu lagi berhenti untuk menempelkan kartu elektronik, sehingga antrean di gerbang tol tidak ada lagi. Selain itu, MLFF membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien.

"Nanti untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia. Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran," terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat