androidvodic.com

Berikut Profil Singkat Dua Anggota Dewan Komisioner OJK yang Pilih Komisi XI DPR - News

News, JAKARTA - Agusman dan Hasan Fawzi telah resmi dipilih Komisi XI DPR menjadi Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (ADK OJK) periode 2023-2028.

Keputusan ini diambil usai Agusman dan Hasan bersama dua calon lainnya menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie Othniel menyebut keputusan ini berasal dari pandangan masing-masing fraksi DPR yang menyampaikan bahwa keduanya merupakan kandidat terbaik sebagai ADK OJK baru.

Baca juga: Pengamat: Hasan Fawzi dan Agusman Punya Kapasitas Mumpuni Jadi Anggota Dewan Komisioner OJK

"Kami sudah memilih mereka sesuai musyawarah dan mufakat, tidak ada voting," kata Dolfie dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Dua kandidat lainnya yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR adalah Adi Budiarso dan Erwin Haryono.

Dengan demikian, Agusman akan ditetapkan sebagai ADK merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK.

Sementara Hasan Fawzi sebagai ADK merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK.

Penetapan akan dilakukan pada sidang Paripurna DPR.

Pemilihan ADK OJK baru dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan yang mengamanatkan adanya dua jabatan anggota non ex officio DK OJK baru.

Berikut Profil Agusman dan Hasan Fawzi:

Agusman

Agusman saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif – Kepala Departemen Audit Internal Bank Indonesia sejak 2020.

Ia lahir di Padang pada tahun 1965. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Akuntansi Universitas Andalas pada tahun 1989.

Mendapat gelar Master di bidang Economics dan Finance dari Curtin University of Technology pada tahun 1998. Mendapat gelar Phd di bidang Banking & Finance dari Australian National University pada tahun 2006.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat