androidvodic.com

Sektor Swasta Kolaborasi Majukan Produk Perikanan Hasil Tangkapan Nelayan Lokal - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - PT Astra International Tbk bersama perusahaan startup perikanan Aruna melakukan pelepasan kontainer produk perikanan hasil tangkapan nelayan Desa Sejahtera Astra (DSA) wilayah Bangkalan, Jawa Timur.

Kontainer berisikan 20 ton ragam komoditas produk perikanan seperti kepiting rajungan, tuna tongkol cakalang (TTC), ikan pelagis, ikan demersal dan lainnya diperuntukkan bagi industri pengolahan produk perikanan di Indonesia.

Vice President of Community Development Aruna Susi Susanto menyebut pelepasan kontainer ini merupakan inisiasi bersama untuk mendukung hilirisasi produk perikanan Indonesia yang nantinya akan menjangkau seluruh provinsi mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Baca juga: PDB Sektor Perikanan Masih Rendah, Menteri KKP Kejar Target 6 Persen

Aruna sebagai fasilitator DSA yang mengintegrasikan supply chain produk perikanan untuk menyalurkan produk hasil tangkapan nelayan DSA sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri pengolahan produk perikanan.

“Kita semua pasti tahu, komoditas laut Indonesia tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, dunia telah mengakui hasil laut kita,” kata Susi dalam keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Melalui kegiatan ini, Aruna berharap dapat mendukung dan akselerasi kebutuhan industri ini khususnya untuk produk perikanan, baik untuk diolah kembali serta diserap oleh pasar global.

“Di sisi lain, kami sebagai perusahaan supply chain akan membantu untuk menyalurkan tangkapan nelayan lokal ke market,” ungkapnya.

Program Manager CSR PT Astra International Tbk. Dewi Paramita mengatakan kerjasama ini bentuk kolaborasi sukses antara Yayasan Maritim dengan DSA dalam mengembangkan potensi lokal secara khusus di sektor perikanan ini.

“Saya harap program-program seperti ini dapat terus terjalin dan menyasar lebih banyak lagi pelosok desa di Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang sejahtera serta semakin banyak pula hasil potensi laut Indonesia yang semakin terserap dan semoga juga dapat mendunia,” ucap Dewi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat