androidvodic.com

'Kiamat Pangan' Bakal Tersulut Menyusul Mundurnya Rusia dari Kesepakatan Biji-bijian? - News

News -- Banyak pihak yang mengkhawatirkan bakal terjadinya 'kiamat pangan' pasca mundurnya Rusia dari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam.

Selama ini Ukraina dan Rusia yang sedang berperang adalah pemasok utama bahan baku pangan tersebut.

Ukraina bakal kesulitan mengekspor gandum karena ancaman pemblokiran pengiriman gandumnya melalui Laut Hitam oleh Rusia.

Baca juga: Pasokan Gandum Dunia Terancam, Ini Sebabnya

Namun demikian surat kabar asal Italia, Corriere della Sera, menyebut penangguhan kesepakatan tersebut tidak akan menyebabkan krisis pangan dan kenaikan harga biji-bijian.

Media tersebut memberitakan bahwa pasokan gandum asal Rusia selama ini telah cukup.

Menurut surat kabar tersebut, Rusia memasok biji-bijian dalam jumlah besar ke pasar dengan harga yang lebih murah, yang berkontribusi pada penurunan harga global, sehingga kenaikan harga pangan yang diamati setahun lalu telah berakhir.

Karena alasan ini, ramalan "kiamat pangan" salah, catat surat kabar itu. Publikasi tersebut juga mengingatkan bahwa negara-negara Afrika bukanlah penerima utama biji-bijian Ukraina.

Kesepakatan biji-bijian berakhir pada 17 Juli. Rusia menolak untuk memperpanjangnya lagi karena bagian dari kesepakatan yang mempertimbangkan penghapusan hambatan ekspor pertanian Rusia belum dilaksanakan.

Selain itu, Moskow telah berulang kali menekankan bahwa sebagian besar biji-bijian yang seharusnya dipasok ke negara-negara termiskin dikirim ke negara-negara Barat.

Diberitakan oleh Russia Today, negara-negara yang memutuskan untuk melanjutkan ekspor pertanian melalui Laut Hitam harus mengambil risiko keamanan tertentu sekarang, mengingat Rusia tidak lagi menjadi bagian dari kesepakatan biji-bijian.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan pada hari Selasa kemarin.

Baca juga: Putin Tuntut Jaminan Keamanan Ekspor Gandum, Zelensky: Tunjukkan Kegagalan Agresi Rusia

Sehari sebelumnya, Moskow mengizinkan perjanjian yang ditengahi PBB dan Türkiye dengan Ukraina berakhir, dengan alasan masih ada hambatan untuk ekspor makanan dan pupuk Rusia.

Berbicara kepada wartawan, Peskov diminta untuk mengomentari upaya Kiev untuk meyakinkan Ankara untuk mempertahankan kesepakatan meskipun Rusia menarik diri.

Juru bicara Kremlin merujuk wartawan ke militer Rusia untuk mendapatkan jawaban, menjelaskan bahwa pakta tersebut mencakup area yang dekat dengan zona pertempuran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat