androidvodic.com

Bukit Asam Jaga Kelestarian Area Tambang Melalui Replikasi Kebun Plasma - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang memiliki program Replikasi Kebun Plasma di area penambangan untuk mengembalikan kondisi lingkungan yang terdampak kegiatan tambang ke kondisi semula.

Tak hanya mengembalikan kondisi lingkungan, reklamasi pascatambang ini juga bertujuan untuk meminimalkan dampak buruk terhadap masyarakat dan lingkungan.

Melalui program ini, PTBA berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan bekas lahan tambang dengan baik, khususnya di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Baca juga: Bukit Asam Rombak Jajaran Komisaris , Ada Nama Stafsus Menteri ESDM, Ini Profil Singkatnya

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, program Replikasi Kebun Plasma, PTBA bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk persiapan penghijauan di lahan reklamasi pasca tambang.

"Selain dapat mengembalikan kondisi ekosistem lahan, program ini juga menciptakan mata pencaharian untuk masyarakat," kata Heri dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Program ini mulai diinisiasi pada tahun pelaporan dan dilakukan secara kerjasama dengan BUMDes Barokah Keban Agung, Panti Asuhan Al Barokah, dan CV Utun Green Garden.

Program Replikasi Kebun Plasma membentuk kelompok usaha masyarakat dengan melakukan pembesaran bibit tanaman di lahan seluas 1,6 Ha. Pembesaran bibit itu merupakan penghijauan di lahan reklamasi pasca tambang.

Dalam pelaksanaannya di tahun pertama, program Replikasi Kebun Plasma mencatatkan pencapaian positif.

Baca juga: 100 Persen Keuntungan Bukit Asam pada 2022 Sebesar Rp12,6 Triliun Dibagikan untuk Dividen

Program ini telah membentuk tiga kelompok usaha masyarakat.

Selain itu, program ini juga meningkatkan pendapatan melalui penciptaan mata pencaharian baru bagi 31 orang warga.

Bukan itu saja, program Replikasi Kebun Plasma juga mampu memenuhi kebutuhan bibit penghijauan di lahan reklamasi pasca tambang.

Melihat manfaat dan pencapaiannya yang cukup besar bagi dimensi ekonomi dan sosial, program ini pun akan terus dilaksanakan.

Baca juga: Bukit Asam Ekspansi Pengembangan Energi Terbarukan PLTS dan PLTB

Melalui program ini, masyarakat setempat bisa mendapatkan mata pencaharian yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat jangka panjang.

"Program ini juga memiliki dampak besar dan positif bagi lingkungan, yakni dengan pengembalian kondisi lingkungan. Kedepannya, PTBA berkomitmen untuk terus menambah jumlah kelompok masyarakat yang terbentuk," kata Heri.

Heri menambahkan, grup MIND ID selalu mendorong anggotanya untuk terus melaksanakan praktik pertambangan yang mengutamakan keberlanjutan. Tak hanya dari sisi bisnis, tetapi juga pada upaya perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistem di sekitar wilayah tambang.

Program Replikasi Kebun Plasma ini berkaitan dengan prinsip MIND ID yang terus berkomitmen untuk menjalankan praktik pertambangan sesuai dengan prinsip 'good mining practice'.

Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan dalam menghadirkan bisnis yang berkesinambungan.

"Aktivitas operasi pertambangan batubara memang menimbulkan konsekuensi reklamasi pasca tambang. Sebagai perusahaan pertambangan batubara, PTBA berkewajiban untuk melaksanakan reklamasi pasca tambang, salah satu metodenya dengan kegiatan penghijauan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat