androidvodic.com

Tutup AOE 2023, Menteri Investasi Bahlil Puji Peran Apkasi Dorong Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia resmi menutup pameran Apkasi Otonomi Expo 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (22/07/2023). Bahlil memuji penyelenggaraan kegiatan ini sebagai upaya mendorong terciptanya kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

“Saya harus mengapresiasi secara sunguh-sungguh terhadap kegiatan ini, karena Apkasi telah melakukan transformasi tidak hanya pada konteks pelayanan publik dalam perspektif administrasi yang lazim dan secara kontinyu pelayanan lakukan di daerah, tetapi Apkasi sudah mulai memikirkan tentang bagaimana pengembangan ekonomi wilayah dalam konteks menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru,” ujarnya.

“Alhamdulillah pada 2022 realisasi investasi dari target Presiden yang mencanangkan Rp 1.200 triliun kita berhasil mencapai 1.207 triliun,” katanya sambil membandingkan pada tahun 2021 realisasi hanya Rp 900 triliun," ujar Bahlil.

Dia mengatakan, Presiden memerintahkan di 2023 realisasi investasi sebesar 1.400 triliun, karena ini sebagai syarat pertumbuhan ekonomi kita bisa terjaga di atas 5 persen.

Menurutnya, target angka investasi ini di luar hulu migas dan di luar sektor keuangan dan sampai hari ini sudah mencapai Rp 678,6 triliun atau 58,5 persen.

Baca juga: Indonesia Sudah Tidak Punya Utang ke IMF, Menteri Bahlil Lahadalia: Lunas Sejak Era SBY

Menurutnya, realisasi investasi di luar Pulau Jawa kini juga sudah lebih besar ketimbang yang di Pulau Jawa dan kini sudah mencapai 53 persen. Menurutnya, realisasi angka ini bukan semata karena ia orang Papua, tapi memang harus ada afirmatif.

“Tidak bisa kita orang daerah ini disamakan baselinenya dengan yang di Jakarta atau di Jawa. Infrastuktur dan SDM mereka udah maju duluan, kalau insentifnya diberikan sama, maka di situlah ketidakadilan antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa," kata dia.

"Saya ubah kebijakan itu dan saya katakan kepada bapak presiden kalau bapak cinta rakyat dari Aceh hingga Papua, maka perlakukan wilayah-wilayah itu juga harus didasari keunggulan komparatif, kelebihan dan kekeurang dari daerah lain,” sebutnya.

Terkait arah kebijakan investasi ke depan, dia mengatakan akan fokus ke ektor jasa dan pariwisata serta hilirisasi industri.

“Hilirisasi ini adalah bentuk kedaulatan negara, hilirisasi ini tidak hanya dalam konteks meningkatkan nilai tambah, tapi hilirisasi adalah sebagai bentuk independensi kedaulatan negara,” ujarnya.

Menteri Bahlil mengapresiasi Apkasi yang telah menyelenggarakan pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2023 dan menyarankan Juara 1,2,3 POI bisa magang di Kementerian Investasi.

“Juara POI ini bisa menjadi Menteri Investasi 2 hari kalau perlu, nanti bisa disimulasikan saya sebagai tamu agar para Putri ini ada pengetahuan bagaimana seorang menteri harus mengurusi investor. Saya pikir ke depan harus kita dorong anak-anak kita, generasi muda kita untuk menjadi entrepreneur dalam rangka mencipatakan dunia-dunia usaha baru yang kelak menjadi pelaku ekonomi yang akan menjaga kedaulatan bangsa kita,” ungkapnya.

Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi, Joune J.E. Ganda menjelaskan rangkaian kegiatan Rakernas XV Apkasi dan AOE 2023 telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Bapak KH. Ma’ruf Amin pada Kamis (20/07/2023).

Dia  memaparkan AOE 2023 diikuti 172 peserta, terdiri dari 131 Pemerintah Kabupaten, 2 Kementerian, 6 sektor swasta, 23 dari UMKM dan 10 dari kalangan media, menempati 287 stand.

“Data pengunjung, hingga Sabtu, 23 Juli 2023, pukul 14.00 wib, tercatat total 10 ribu pengunjung. Terdiri dari masyarakat umum dan dari kalangan pengusaha dan investor,” kata Bupati Joune.

AOE 2023 juga menggelar side event berupa business matching,dengan konsep kegiatan mempertemukan langsung para calon buyers dan investor dengan daerah ini, berlangsung pada hari pertama dan berjalan sesuai dengan harapan.

Kegiatan ini diikuti 38 pemerintah kabupaten dan dari pihak buyers dan investor hadir sebanyak 23 perusahaan atau mitra: dari Iwapi, Potato Head Group, PT. Everest Timber Indonesia, Equatoral Capital, British Chamber, Bussiness Indonesia Singapore Association dan International Bussiness Association (IBA).

Side event lainnya juga digelar bertajuk Fashion Show Wastra Nusantara, kegiatan kali kedua yang menampilkan dan mempromosikan berbagai desain pakaian tradisional yang merupakan warisan seni batik atau tenun daerah diikuti 12 kabupaten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat