androidvodic.com

Penyaluran Kredit Bank Jatim Tembus Rp49,21 Triliun di Semester I 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mencatat penyaluran kredit pada semester I 2023 sebesar Rp49,21 triliun, atau tumbuh 13,02 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman mengatakan, pertumbuhan kredit tertinggi terjadi pada sektor komersial & SME sebesar 25,55 persen (YoY) dan sektor konsumer 5,77 persen (YoY).

"Pertumbuhan penyaluran kredit merupakan cerminan dari perekonomian yang berjalan dan menandakan adanya kenaikan permintaan barang dan jasa dari masyarakat,” ujar Busrul ditulis Rabu (26/7/2023).

Menurut Busrul, akses pembiayaan terhadap pelaku usaha harus dibuka selebar-lebarnya agar dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan pekerjaan baru.

Ia menjelaskan, pertumbuhan kredit yang telah dicapai membuat loan to deposit ratio (LDR) perusahaan semakin membaik, dari 45,88 persen pada semester I 2022 meningkat jadi 59,54 persen.

Penyaluran kredit, kata Busrul, juga diikuti perbaikan kualitas pinjaman. Hal itu terlihat dari rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 5,77% berbanding 6,86% di tahun sebelumnya (YoY).

Baca juga: Semester I 2022, Bank Jatim Kantongi Untung Rp 815 Miliar

Kemudian, Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross juga ikut menurun di angka 2,80%, berbanding 4,12% pada periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

”Penurunan rasio NPL dan LAR ini menunjukkan bahwa kualitas kredit menjadi semakin sehat dan menjadi tanda adanya recovery dari beberapa sektor ekonomi,” jelas Busrul.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat