androidvodic.com

Wury Ma'ruf Amin: UMKM Berkontribusi Siginifikan Ciptakan Lapangan Kerja dan Pendapatan - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mengatakan, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional karena berkontribusi dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Sebagai salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia, sektor UMKM telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat," ujarnya dalam seremoni pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2023 di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

UMKM mampu menciptakan produk-produk unik, berkualitas, dan bernilai tambah dengan kekayaan budaya dan keahlian tradisional yang dimilikinya dan produk-produk mereka tidak hanya memenuhi kebutuhan untuk pasar lokal, tapi juga ke pasar ekspor.

Namun untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, tantangan yang dihadapi oleh sektor UMKM tidaklah sedikit.

Wury mengajak pemangku kepentingan bersama-sama komitmen untuk menghadapi tantangan yang ada dan mencari solusi terbaik untuk pengembangan UMKM kedepannya.

Baca juga: Gubernur BI Beberkan 3 Kunci Sukses Majukan UMKM Indonesia Agar Bisa Tembus Pasar Global

"UMKM harus bangkit dengan semangat kebaruan dan inovasi, serta di akselerasi dengan dukungan kolaborasi dan sinergi pentahelix antar seluruh pemangku kepentingan. Ini dalam rangka mendorong peran UMKM untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat