androidvodic.com

Berhasil Ekspor 1.000 Produk ke Luar Negeri, Ternyata Ini Kunci Sukses Pendiri Kevas.Co - News

News - Indonesia memiliki banyak pemuda inspiratif yang menyalurkan kreativitasnya lewat berbagai karya, salah satunya dengan mendirikan brand fesyen. Ragam produk yang diciptakan pun turut mendukung perekonomian bangsa, sebab berkat optimisme dan strategi yang dijalankan, hasil produksi mereka berhasil menembus pasar ekspor.

Salah satu produk lokal yang telah mendunia adalah Kevas Official yang didirikan oleh Kevin Naftali. Pemuda yang memiliki motto “Yang muda yang berkarya” ini sukses mengelola usahanya, mulai dari melayani ribuan pesanan dalam negeri hingga mengekspor ribuan produknya ke mancanegara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura. 

Pada tahun 2011, ia mulai memproduksi produk fesyen berjenis knitwear untuk pria. Hal tersebut didasari oleh keinginannya untuk melahirkan busana pria yang berbeda dengan produk dari jenama lainnya. Namun, menyadari adanya perubahan selera fesyen pada konsumen, Kevin menurunkan idealismenya dan menambahkan produk life wear menjadi salah satu barang dagangannya di tahun 2017.

Baca juga: Memaknai Sumpah Pemuda: 3 Sosok Pemuda Ini Berhasil Buka Usaha Hingga ke Panggung Dunia

Guna mengembangkan jangkauan usaha kecil miliknya, Kevin menyadari bahwa kehadiran e-commerce sangat membantu. Ia pun mempercayakan Shopee sebagai marketplace andalannya, sebab 'Toko Oranye' ini dianggap menyediakan demand yang stabil. Pasalnya, Shopee senantiasa menghadirkan berbagai fitur dan kampanye yang disertai promo menarik yang dapat menarik minat konsumen.

Hal ini terbukti dari hasil penjualannya yang meningkat berkat penggunaan Shopee, bahkan Kevin bercerita saat Covid-19 menyerang, penjualannya malah semakin untung.

“Waktu pandemi banyak usaha yang jatuh dan enggak survive (bertahan). Tapi ternyata, pas pandemi usaha kita malah mengalami kenaikan. Penjualan produk kita naik sampai 2 kali lipat dan meningkat hampir 50 persen dengan omzet di atas satu miliar. Ga cuma itu, kita juga udah ekspor ke Asia Tenggara bahkan Amerika Latin,” ucap Kevin.

Ia pun membeberkan kunci keberhasilan yang membawa produknya kini masuk ke pasar ekspor, yaitu berkat mengikuti Program Ekspor Shopee di tahun 2019. Menurutnya, program ini membantu menjangkau ratusan calon pelanggan Kevas Official di luar negeri.  Kini 25 persen dari omzet Kevas.co berasal dari ekspor bersama Shopee. 

Saat diwawancarai oleh tim Tribunnews, Kevin mengakui bahwa sekarang pelanggannya yang berada di luar negeri makin mudah dalam menanyakan detail produknya di media sosial dan juga lebih praktis dalam proses pembeliannya.

“Kita dulu pernah ekspor, tapi itu hand carry, titip sama temen kita yang memang kuliah di luar negeri. Tapi sayang jumlahnya hanya bisa sedikit saja, dan itu pun saat teman kita lagi pulang ke Indonesia saja,” kata Kevin. 

Baca juga: Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Global, Shopee Luncurkan Gerakan Ekspor UMKM Serentak di 10 Kota

Gerakan Ekspor UMKM Shopee serentak di 10 Kota 

Produk Kevin merupakan satu dari 20 juta produk lokal yang kini mendunia bersama Program Ekspor Shopee. Melalui program ini, Shopee terus berusaha untuk menghadirkan solusi lengkap dari hulu hingga hilir untuk menciptakan UMKM lokal berdaya saing global. 

Tak hanya sampai di situ, baru-baru ini Shopee juga meluncurkan program baru yakni Gerakan Ekspor UMKM Shopee serentak di 10 Kota.  Program ini menandai dimulainya peluang kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM agar bisa memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang tersebar di 10 kota di Indonesia.

Pelatihan tersebut serentak digelar secara langsung dan diikuti oleh 1.000 UMKM di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Malang, Makassar, dan Denpasar. 

Kegiatan ini menjadi kelanjutan komitmen Shopee, menyusul pembukaan 10 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor sejak 2021 lalu yang telah memberikan pelatihan bagi ratusan ribu UMKM lokal. Pelatihan dan program baru ini juga diharapkan dapat membuka akses pasar ekspor bagi produk UMKM lokal.

Baca juga: Pecah Rekor Omzet Rp8 M dalam 2,5 Jam di Shopee Live, Inara Rusli Minta Tips Sukses dr. Richard Lee

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat