androidvodic.com

Operasional LRT Jabodebek Molor Dari Jadwal hingga Menhub Pastikan Keamanan Longspan Meski Sempit - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa molornya operasional LRT Jabodebek itu lantaran masih dibutuhkan tiga tahap uji coba kereta.

"Ingat ya, kereta api itu kalau berjalan dimulai, tidak bisa berhenti. Lebih baik kita konservatif. Dan tes itu bukan tes jalan saja, ada 3 tes yang dilakukan, kita harus menjalankan 31 kereta trainset itu," tutur Menhub Budi, di Istana Kepresidenan, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Operasional LRT Jabodebek Diprediksi Mundur dari Jadwal, Ini Alasannya Kata Budi Karya

"Yang kedua, kita harus memberikan pembebanan dengan maksimum, yang ketiga dia (LRT) harus berjalan semuanya dengan beban dan headway 3 menit sekali. Nah ini kan memang suatu proses yang tidak mudah," imbuhnya.

Terkait waktu operasional yang molor, Menhub bilang itu sudah sesuai dengan restu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

"Kami tadi minta saran pak presiden, pak presiden sangat bijak, pokoknya kalian melakukan uji coba. Pada saat uji coba berhasil, kita buka, jadi bisa jadi menjadi 20 Agustus, atau 30 Agustus," tutur dia.

Pengamat nilai molornya operasional LRT hal lumrah

Di sisi lain, Pengamat sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno berujar, molornya operasional LRT itu dinilai sebagai hal lumrah.

"Ya kalau untuk meyakinkan nggak apa-apa lah, ini kan penumpangnya nanti akan dicoba dulu bagaimana dengan full penumpang umpamanya apakah mungkin sesuai dengan jadwalnya," kata Djoko kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Terlebih, dia menyoroti masih ada pengujian baik statis maupun dinamis menyoal kapasitas dan ketahanan LRT Jabodebek sebelum beroperasi untuk umum.

Baca juga: Jokowi Jajal LRT dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas, Bareng Erick Thohir hingga Influencer

"Apakah bisa dikatakan memenuhi syarat nah itu makanya perlu ada uji coba statis dan uji coba dinamis," ucap dia.

"Dinamis dengan sejumlah penumpang yang diperkirakan cukup banyak itu ada yang duduk dan berdiri itu seperti apa kondisinya. Saya kira dengan uji coba penumpang nanti bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih baik yang lebih pas lah," imbuhnya.

Menhub pastikan longspan aman

Menhub Budi angkat bicara terkait lengkung bentang panjang (longspan) Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek di ruas Kuningan, Jakarta yang disebut salah design.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat