androidvodic.com

Tumbuh Progresif, Dari Bumi Raup Omzet Ratusan Juta dari Pemasaran Produk Berbasis Alam - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Produk-produk berbasis alam yang dipanen dari tumbuh-tumbuhan serta tanaman yang hidup di Indonesia kini semakin diminati pasar seiring dengan tren gaya hidup back to nature yang meningkat terutama di kalangan masyarakat urban.

Tren ini terus meluas adopsinya di masyarakat di banyak negara termasuk di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat sekaligus membuka peluang bagi sektor industri untuk menggarapnya.

Seperti dilakukan perusahaan rintisan bernama Dari Bumi. Perusahaan ini meraih pertumbuhan penjualan yang progresif di 2023 ini. Selama periode Januari hingga Juni 2023 mereka bisa menjual lebih dari 173.000 produk dengan omzet ratusan juta setiap bulannya.

Baca juga: 5 Cara Meredakan Batuk dengan Bahan Alami, Bisa dengan Air Garam hingga Jahe

Produk yang dipasarkan beragam, mulai dari sajian lemon, aneka madu asli Indonesia, bumbu dapur, garam laut, teh, beras hingga gula yang diproses alami.

Merintis dari Marketplace

Brand Manager Dari Bumi, Luinambi Vesiano mengatakan, perusahaannya menempuh strategi menarik dengan merintis pasar dari marketplace dengan volume penjualan yang relatif masih kecil.

Ketika produk yang dipasarkan mulai dikenal, mereka melakukan penetrasi melalui event-event alternatif, modern market yang ada di kota besar hingga mengembangkan konsep bisnis kemitraan melalui reseller.

Salah satu event yang mereka ikuti adalah Halal Fair 2023 di Istora Senayan pada 4-6 Agustus 2023 lalu yang dinilai efektif menjangkau segmen pasar lebih luas.

Di event ini pihaknya menggelar talkshow bertajuk “Cara kreatif menyajikan konsumsi harian keluarga" dengan mengundang Poetry Gladies sebagai narasumber dengan latar belakang seorang pebisnis muda dan ibu rumah tangga.

"Talkshow ini kami selenggarakan untuk menyampaikan kepda khalayak ramai bahwa Dari Bumi adalah yang tepat untuk mendukung peran ibu memberi yang terbaik bagi keluarga," ujar Luinambi Vesiano dalam keterangan tertulis yang dikutip Senin, 7 Agustus 2023.

Selain talkshow, di kegiatan ada juga diselenggarakan demo kreasi minuman.

"Potensi tanah Indonesia yang subur karena dilewati rangkaian gunung berapi, dan iklim tropis. Ini membuat berbagai tanaman tumbuh dengan baik di tanah Indonesia dan membawa berbagai manfaat baik untuk masyarakat. Kita juga tidak boleh lupa bahwa alasan terbesar Indonesia dijajah adalah karena kekayaan hasil alamnya," ujar Luinambi tentang ide bisnis yang sedang dijalankannya.

Dia menambahkan, kekayaan alam yang tumbuh subur di bumi Indonesia turut mempengaruhi wujud kekayaan kuliner dan citarasa masyarakat Indonesia. Itu sebabnya, setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat khas dan beragam, baik makanan atau minumannya.

"Potensi-potensi tersebut membuat brand Dari Bumi tumbuh dan menjembatani kekayaan alam, petani dan masyarakat Indonesia,"kata dia.

Dari Bumi merupakan bagian dari entitas Kalaborasi Group dan menurut Luinambi, mengusung empat jenis value yang diyakini menjadi kekuatan brandnya, yaitu membawa hasil alam asli dari bumi Indonesia, kurasi produk yang baik, memiliki kategori yang luas serta membawa manfaat kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat