androidvodic.com

Jateng Juara Penyaluran KUR Terbaik Tiga Kali Berturut-turut, Ganjar Pranowo: Strategi Kita Mapan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui kategori strategi terbaik dengan pencapaian penyaluran KUR 2022.

Penghargaan itu diterima Jateng selama tiga tahun berturut-turut.

Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, pencapaian itu menandakan sistem penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayahnya dinilai mapan.

Baca juga: Jateng 3 Kali Juara Strategi Penyaluran KUR, Airlangga: Tahun Depan Kasih Provinsi Lain

"Kita mendapatkan penghargaan tiga tahun berturut-turut dan sekarang kita mencoba untuk memastikan kembali artinya sistem kita mapan," ujar Ganjar usai menghadiri Penganugerahan KUR Award dan Penyaluran KUR untuk UMKM di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya, strategi yang dilakukan Pemprov Jateng juga dinilai benar dengan mengedepankan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk naik kelas.

"Strategi kita bener dan bagaimana kita membantu, kita berpihak pada UMKM sehingga UMKM kita bisa naik kelas," jelas Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar mengungkapkan, penyaluran KUR bagi UMKM ini tak lepas dari peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Platformnya tidak besar dan alhamdulillah akhirnya dari nasional bisa diturunkan, maka pada saat itu kita genjot sosialisasinya kita permudah aksesnya," ungkapnya.

Baca juga: Menko Airlangga Dorong Belanja Pemerintah Untuk Capai Target Ekonomi 5,3 Persen di Akhir Tahun

Ganjar mengaku, melalui pelatihan dan strategi yang dia kerahkan bagi pelaku UMKM agar naik kelas, beberapa dari produk UMKM di Jawa Tengah itu berhasil menembus pasar internasional .

"Alhamdulillah dengan KUR yang ada ini makin hari makin gelontor dan hasilnya sangat bagus sekali. Jadi kelihatan mereka bisa naik kelas, tinggal tugas kami adalah menyalurkan produk-produk mereka ke pasar-pasar yang lebih luas," ucap dia.

"Beberapa diantaranya kita juga jualan di Singapura, jualan di Jepang dan jualan di Eropa dan sekarang mulai repeat order ini sesuatu yang menyenangkan," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat