androidvodic.com

Pemerintah Optimalkan Produktivitas Pertanian Melalui Alsintan hingga KUR - News

Laporan Wartawan News, Seno

News, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mengoptimalkan produktivitas pertanian di berbagai daerah dengan memberikan beragam bantuan, baik alat pertanian (alsintan) maupun pendanaan seperti kredit usaha rakyat (KUR).

Seperti yang dirasakan oleh, Eti Sumiati, yang tergabung ke dalam Kelompok Tani Wanoja di Desa Lakasana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, saat ini pihaknya merasa terbantu berkata adanya bantuan Kementan.

Baca juga: DPP KNPI Sebut Program Jaga Pangan Irjen Kementan Berdampak Positif pada Ketahanan Pangan

"Secara proses pasca panen lancar, terbantu dengan adanya alsintan bantuan dari pemerintah, mulai mesin pengupas kulit cherry (pulper) sampai pengupas kulit tanduk (huller)," kata Eti ditulis Kamis (10/8/2023).

Selanjutnya, kata Eti, untuk ketersediaan pupuk subsidi jumlahnya terbatas, namun dengan adanya bantuan progam Unit Pengelolaan Pupuk organik (UPPO) ketersediaan pupuk dapat terjamin.

"Dengan adanya alat seperti uppo kami bisa membuat pupuk sendiri, cangkang kopi tambah kohe difermentasi buat pupuk tahun berikutnya," jelasnya.

Ia menyebut, selain pupuk, pemerintah juga menyiapkan bantuan KUR pertanian untuk membantu permodalan bagi para petani.

"KUR pertanian sangat membantu sekali untuk biaya perawatan dan pemeliharaan tanaman kopi, juga untuk biaya pasca panen," katanya.

Untuk mengakses beberapa bantuan tersebut, kata Eti, perlu adanya pengajuan sesuai mekanisme berlaku yang telah ditetapkan, namun pemerintah tidak mempersulit dalam proses pengajuannya.

Baca juga: Serius Kembangkan Smart Farming, Kementan Jalin Kerja Sama dengan EPIS Korea

"Kami tidak mendapat kesulitan dalam hal mengakses program bantuan pertanian, karena kami mengajukan sesuai kebutuhan, tidak asal, juga kami kelompok yang sudah cukup maju dan memiliki kebutuhan yang jelas," ucapnya.

Hingga saat ini, pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan bantuan pertanian dan tepat sasaran, beberapa program bantuan pemerintah untuk sektor pertanian diantaranya pupuk subsidi, Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO), Jaringan Irigasi Tersier(JIT), KUR pertanian, Alsintan hingga Jalan Usaha Tani (JUT).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat