androidvodic.com

Demi Tol Langit, Menkominfo Minta Dirut BAKTI yang Baru Tuntaskan Sejumlah Proyek Ini - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi langsung menugaskan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo yang baru, Fadhilah Mathar, untuk menuntaskan proyek High Throughput Satellite (HTS), Hot Backup Satellite (HBS), Palapa Ring, Base Transceiver Station, dan akses internet.

"Hal ini harus menjadi prioritas agar tol langit yang digagas Bapak Presiden dapat selesai tepat waktu dan memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh masyarakat," kata Budi usai acara pelantikan Dirut BAKTI di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2023).

Baca juga: Fadhilah Mathar Dilantik Jadi Direktur Utama BAKTI Kominfo

Istilah Tol Langit ini menggambarkan sebuah sambungan bebas hambatan berupa sinyal internet yang dapat menghubungkan seluruh daerah di Indonesia tanpa terkecuali.

Hal ini dapat diwujudkan dengan membangun jaringan backbone nasional dan satelit multifungsi berteknologi tinggi (High Throughput Satelite/HTS).

Kemudian, Budi meminta Fadhilah agar segera melakukan evaluasi menyeluruh atas proses bisnis dan SOP, serta menerapkan cara kerja baru di internal BAKTI.

Hal itu agar pelaksanaan pekerjaan lebih efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan integritas sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Baca juga: Sidang Lanjutan Johnny G Plate Dkk, Jaksa Bakal Hadirkan Pejabat BAKTI Kominfo Duduk Bersaksi

"Segera melakukan evaluasi dan penyusunan kelembagaan BAKTI yang baru agar sesuai ketentuan perundang-undangan, sehingga BAKTI dapat lebih dinamis dan dapat merespons perubahan serta tantangan dengan cepat, namun terukur serta mampu mengambil langkah-langkah strategis yang tepat," ujar Budi.

Baca juga: Kejaksaan Agung Bakal Gelar Perkara Tentukan Nasib PPK BAKTI Kominfo Terkait Korupsi BTS 4G

Kemudian, Budi meminta agar Fadhilah segera melakukan evaluasi menyeluruh atas manajemen SDM BAKTI dengan berlandaskan kompetensi kinerja dan bebas dari seluruh unsur intervensi politik dan SARA.

"Dalam menjalankan semua agenda di atas, perlu saya tegaskan, saya bersama Wakil Menteri Kominfo, Sekjen, Irjen, Dewan Pengawas, dan Pembina Teknis, akan terus memantau pelaksanaan program-program di atas secara rutin dan serius," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat