androidvodic.com

Menko Marves Luhut: Elon Musk Sepakati Investasi Starlink ke Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Elon Musk akan menanamkan investasi Starlink untuk daerah terpencil di Indonesia bagian timur.

"Kita sepakat juga dengan Elon untuk tadi Starlink masuk di Indonesia Timur. Jadi hampir semua nanti desa-desa bisa terhubung dengan internet," kata Menko Luhut dikutip dalam Instagramnya, Selasa (15/8/2023).

Luhut bilang, akses internet ini nantinya bakal tersedia secara menyeluruh bahkan untuk membantu pelayanan kesehatan dan pendidikan di daerah rural.

"Nanti pelayanan kesehatan lebih bagus dan juga untuk pendidikan seperti untuk pelajaran matematika Gasing itu juga kan bisa dilakukan melalui internet. Sehingga dengan demikian penyebarannya luas," jelasnya.

Selain itu, Menko Luhut menegaskan, akses internet Starlink dari Elon Musk ini dinilai memiliki biaya yang murah. Bahkan, dia juga telah melaporkan hal tersebut kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

"Tapi yang menarik cost nya ternyata jauh lebih murah. Nah ini yang membuat tadi juga kami berdua sepakat," ucap dia.

"Kami lapor presiden mengenai ini cost lebih murah, sehingga Starlink bisa akan kita gunakan," imbuhnya.

Baca juga: Menko Luhut: Elon Musk Akan ke Indonesia Bahas Investasi Starlink

Terakhir, Menko Luhut bilang, Starlink yang memiliki low earth orbit (LEO) dengan ketinggian 6.000 kilometer ini dinilai bagus untuk Indonesia.

Baca juga: Elon Musk Tolak Akses Ukraina ke Satelit Starlink dalam Rencana Serangan Drone ke Krimea

"Karena dia low orbit, low earth orbit (LEO) dan dia punya kalau tidak keliru 6.000 satelit kecil-kecil yang low earth orbit dan itu saya kira sangat bagus buat kita," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat