androidvodic.com

Tingkatkan Literasi Digital di Desa Wisata, IDSurvey Gandeng Relawan Bakti BUMN - News

News, PANDEGLANG - Sejalan dengan meningkatnya penggunaan media digital, Relawan Bakti BUMN dan IDSurvey meningkatkan literasi digital masyarakat di Desa Wisata Sukarame, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kegiatan Relawan Bakti BUMN batch IV dilakukan oleh Kementerian BUMN dan diikuti oleh 100 relawan yang terpilih dari 8.096 pendaftar. IDSurvey, ditunjuk Kementerian BUMN sebagai penyelenggara kegiatan di Wilayah Pandeglang Banten.

Bersama 10 relawan, IDSurvey memberikan bantuan beberapa unit laptop kepada Sekolah Dasar Negeri Sukarame 2, mengajarkan penggunaan aplikasi PaDi UMKM kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat dan memberikan pelatihan kepada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) mengenai promosi wisata secara digital di sosial media.

Baca juga: Kominfo: Program Literasi Digital Jangkau 12 Juta Masyarakat Indonesia di 34 Provinsi

“Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan telah disusun berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan masyarakat setempat sehingga dapat merasakan manfaat secara langsung seperti edukasi kepada UMKM, pemberian bantuan laptop, dan kegiatan transplantasi terumbu karang” ujar Sinung Triwulandari, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), pada acara pembukaan Relawan Bakti BUMN di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Jumat (18/8/2023).

Kehadiran IDSurvey yang merupakan Holding 3 entitas BUMN, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia, di Pandeglang bukan untuk pertama kalinya. Pada 2022, IDSurvey telah melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang dalam upaya Budidaya Anemon dan Ikan Nemo.

“Kontribusi yang dilakukan diharapkan akan terus berlanjut, para relawan dari berbagai BUMN pada kesempatan ini akan mengajarkan cara penggunaan aplikasi PaDi UMKM kepada masyarakat yang menjalankan UMKM di Desa Sukarame agar mereka mampu memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan secara digital. Relawan juga mengajarkan cara membuat konten menarik untuk berjualan secara digital” ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Sucofindo Budi Hartanto, pada kesempatan yang sama.

Kegiatan Bakti Relawan batch IV di Desa Sukarame mampu berkontribusi terhadap nilai omzet penjualan diatas Rp 5 juta dalam 3 hari penjualan untuk produk Keripik Pisang, Patung Badak, Emping Melinjo, Kerajinan Bambu dan produk Kerajinan Lampu Kerang yang merupakan produk unggulan UMKM sekitar.

Desa wisata Sukarame merupakan salah satu tujuan wisata yang terletak di Banten karena keindahan pantainya. Selain memiliki pantai, Desa Wisata Sukarame juga memiliki hutan, air terjun, sungai, persawahan dan perkebunan serta menjadi tempat rehabilitasi terumbu karang yang ada di kecamatan Carita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat