androidvodic.com

Progres Pengerjaan Proyek KCJB Berajalan Mulus, Erick Thohir Sebut Siap Beroperasi - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pengerjaan proyek fisik kereta cepat Jakarta-Bandung telah rampung, dan siap dioperasionalkan dalam waktu dekat.

Namun, Erick belum mengetahui lebih detail waktu peresmian KCJB. Karena hal tersebut merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

"Itu (terkait waktu uji coba) kebijakan Menteri Perhubungan, kita hanya mempersiapkan kereta cepatnya, siap," ucap Erick di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Warga Bantaran Rel Bisa Naik KCJB Gratis, Luhut: Aturannya Sedang Dibahas

"(Untuk progres infrastruktur pendukung) baik, sejak awal saya sudah bicara Jakarta ke Bandung berhentinya ke Tegalluar, dari awal saya dan itu kesepakatan bersama," sambungnya.

Erick juga mengatakan, tujuan pembangunan proyek KCJB untuk mengatasi kemacetan di Jakarta-Bandung yang semakin sesak dengan kendaraan pribadi.

Menurutnya, dengan dibangunnya KCJB akan melahirkan sentra-sentra ekonomi baru di sepanjang jalur tersebut.

"Karena memang kalau kita lihat kondisi Bandung yang sekarang sudah 40 persen macet, ke depan makin macet," ungkap Erick.

"Artinya apa? Bagaiamana mengurangin kemacetan di Bandung, Jakarta. Salah satunya dengan kereta cepat. Tegalluar menjadi juga pertumbuhan kota baru yang ada di Jawa Barat, untuk membangun Bandung," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ditargetkan pada Minggu (1/10/2023) mendatang.

"Launching insya Allah 1 Oktober, menentukan availabilitas dari waktunya Presiden (Jokowi) tanggal 8 (September) Presiden ke India, enggak jadi (peresmian). Jadi tanggalnya ditentukan kemudian, jadi saat ini belum. Tetapi paling tidak tanggal 1 (Oktober) ada rencana," kata Menhub kepada wartawan di JCC Senayan, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Kecepatan KCJB 350 Km Per Jam Saat Beroperasi Luhut: Minta Tidak Ad Insiden

Menhub Budi mengaku bahwa peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung ini memang mundur dari yang ditargetkan. Dia bilang pihaknya perlu hati-hati sebelum meresmikan transportasi tersebut.

"Bahwa nanti ada pengunduran enggak terlalu lama karena kita akan pastikan ini angkutan publik yang cukup mahal. Oleh karenanya kita harus hati-hati dan insya allah itu akan terjadi," jelasnya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi menjajal serangkaian uji coba Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) terus dilakukan jelang operasional secara komersil pada Oktober mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat