androidvodic.com

Selama KTT ASEAN, Menhub: Keamanan di Bandara Soekarno Hatta Paling Disorot - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, keamanan para tamu dan delegasi negara-negara ASEAN berjalan lancar selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 berlangsung.

Menurut Menhub Budi, hal itu juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Budi bilang, salah satu yang paling disorot adalah keamanan di sektor perhubungan udara melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Buka KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta, Jokowi: Kesetaraan Jadi Nilai Utama yang Harus Dijunjung Tinggi

"Presiden meminta pada kami untuk koordinasi sebaik-baiknya terutama di bandara. Kita bayangkan banyak sekali tamu-tamu asing ASEAN, ada dari Amerika, Jepang, Korea dan India," kata Menhub Budi kepada wartawan di JCC Senayan, Selasa (5/9/2023).

"Sehingga kami harus memastikan tamu-tamu datang dan pergi dari Bandara Soekarno-Hatta di tengah kesibukan dan ruang untuk mereka parkir ditempat-tempat aman," imbuhnya.

Bahkan Menhub Budi bilang, keamanan para tamu dan delegasi telah disiapkan sedemikian rupa dengan mengutamakan aspek keselamatan.

"Pastinya dari jam ke jam kita hitung, kapan presiden ini datang kapan presiden ini datang. Kita persiapkan sangat perfect sehingga kedatangan itu cukup planing ditempatkan satu tepat," ucap dia.

Sedangkan di sektor perhubungan darat, pihaknya menggandeng kepolisian utamanya mengurangi intensitas lalu lintas selama KTT ASEAN ke-43 berlangsung.

Baca juga: Jokowi Buka KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Sebut ASEAN Sepakat Tidak jadi Proxy bagi Kekuatan Manapun

"Berkaitan sektor darat tentu menjadi satu hal yang penting, kita mengkoordinasikan dengan kepolisian untuk mengurangi intensitas lalu lintas. Alhamdulilah hari ini lumayan lancar. bahkan rute-rute perjalanan dari para delegasi kita atur dengan baik," ungkapnya.

22 pesawat menginap di Bandara Soekarno-Hatta

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II menyatakan, jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 sebanyak 22 pesawat direncakan menginap atau Remain Over Night (RON) di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (3/9/2023).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, dari jumlah itu tercatat 15 unit merupakan pesawat berbadan lebar (wide body) dan 7 unit pesawat berbadan sedang (narrow body).

"Apron atau lokasi parkir pesawat telah disiapkan untuk yang menginap, dan dipastikan tidak mengganggu pergerakan pesawat reguler," kata Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, dikutip Minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat