androidvodic.com

United Tractors Kenalkan Ekskavator Listrik New 20 Ton Class, Bisa Beroperasi 8 Jam Sekali Cas - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - PT United Tractors Tbk (UT) melalui brand Komatsu mengenalkan ekskavator listrik pertama di Indonesia, yaitu New 20 Ton Class di pameran Mining Indonesia 2023, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Komatsu New 20 Ton Class Electric Excavator dapat digunakan di beragam sektor termasuk pertambangan.

Sebagai produk ekskavator listrik generasi pertama, sekaligus unit ke delapan yang diproduksi Komatsu di Jepang, New 20 Ton Class didukung fitur dan teknologi Komtrax.

Komtrax merupakan teknologi telematik untuk memantau alat berat berbasis nirkabel dari Komatsu yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun melalui perangkat komputer maupun telepon seluler.

Cara kerja ekskavator ini disokong tenaga listrik untuk melakukan penggalian dan pemindahan material.

Selain itu, produk ini tidak menggunakan mesin pembakaran internal seperti ekskavator konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil.

Sumber daya listrik pada unit electric excavator tersimpan dalam baterai yang mendapatkan tenaga listrik dari sumber daya listrik eksternal, seperti saluran listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau generator melalui portable charging tools atau charging stationary.

Komponen yang dimiliki produk ini ialah electric motor yang dapat menerima sumber daya baterai untuk memutarkan hydraulic main pump.

Kemudian, komponen hidrolik lainnya menggerakkan berbagai gerakan seperti boom, arm, bucket, travelling maju-mundur dan swinging (sama seperti excavator konvensional).

Baca juga: United Tractors Sebut Excavator Hybrid Komatsu HB365-1 Banyak Dipesan Sektor Kontruksi

Dalam perawatannya, produk ini lebih mudah dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan diesel engine, karena lebih sedikit komponen bergerak dan tidak memerlukan perawatan berkala seperti penggantian filter engine, penggantian oli atau penggantian injector.

Application Engineering and Product Development Manager United Tractors Puguh Wahjudi, menyampaikan traktor listrik New 20 Ton Class mampu beroperasi selama 8 jam untuk sekali pengisian daya.

"Ini memiliki dua mode pengecasan, ada fast charging dan slow charging. Kalau fast charging dibutuhkan waktu 3 jam untuk bisa beroperasi selama 8 jam dengan daya 150 kW. Kalau slow charging itu depend on power, tapi daya 40 KW dengan waktu pengecasan 8-9 jam bisa beroperasi untuk 8 jam," tutur Puguh dalam sesi wawancara di booth United Tractors di Mini Indonesia 2023, Rabu (13/9/2023).

Baca juga: Tren Penjualan Alat Berat di 2023 Bakal Menurun Karena Tahun Politik dan Harga Komoditas Melemah

Marketing Division Head United Tractors Etot Listyono, mengatakan UT akan terus mendukung produk berteknologi ramah lingkungan yang dihadirkan oleh Komatsu.

"New 20 Ton Class Electric Excavator ini ditujukan untuk penggunaan di berbagai sektor seperti tambang batu bara dan mineral yaitu nikel, emas, timah dan bauksit, serta pekerjaan konstruksi. Saat ini New 20 Ton Class Electric Excavator masih dalam proses kajian pasar di Indonesia," ungkap Etot.

Dalam pameran Mining Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh PT Pamerindo Indonesia UT tidak hanya akan menampilkan alat berat dan truk namun juga akan menyuguhkan teknologi terkini dari jajaran produk merek ternama, diantaranya Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag dan Tadano.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat