androidvodic.com

Mencintai Karyawan dan Lingkungan bisa Jadi Kiat Jitu agar Bisnis Menjadi Sukses, ini Penjelasannya! - News

News - Kinerja bisnis seringkali diukur dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI). Meskipun dapat memberikan pandangan yang berguna tentang performa bisnis, penting untuk diingat bahwa tidak semua faktor keberhasilan bisnis bisa terukur dengan angka-angka ini.

Faktor manusia merupakan salah satu aspek penting yang sering terlupa dan tidak terukur dalam KPI. Pada kenyataannya, faktor motivasi, komunikasi, dan kebahagiaan karyawan juga dapat memiliki dampak besar pada produktivitas dan kesuksesan bisnis. 

Hal inilah yang disampaikan Direktur PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, TBK (Sido Muncul) Irwan Hidayat di hadapan peserta Forum Auditor Migas Indonesia (FAMI) Summit 2023 pada Jumat 21 September 2023 di Pecatu Hall BNDCC Kawasan The Nusa Dua, Badung, Bali.

Irwan mengaku bahwa Key Performance Indicator atau KPI bukanlah penilaian utama dari karyawannya yang bekerja di Sido Muncul.

“Menurut saya KPI itu bukan penilaian akhir, dia penilaian tapi bukan penilaian utama. Penilaian utama adalah proses. Walau hasil akhirnya tidak memenuhi karena banyak pertimbangaan ya sudah tidak apa-apa memang karena situasional. Tidak pernah saya ngeluarin atau marah ke orang gara-gara tidak masuk target. Saya diajarin Ibu saya, sing sayang sama karyawan (sayangilah karyawan),” tutur Irwan Hidayat.

Baca juga: Fokus Jamin Mutu Produk dari Hulu hingga Hilir, Sido Muncul Raih Penghargaan dari BPOM

Dalam acara yang dipandu oleh moderator Dwijatno Judiharto dari SKK Migas, Irwan berbagi pengalaman marketing di Sido Muncul hingga menjadi sukses seperti sekarang ini pada sesi Business Insight FAMI Summit 2023.

“Saya diundang SKK Migas untuk memberikan sharing pengalaman di Sido Muncul. Dan tadi saya jelasin bahwa kalau mau bisnis sukses yang paling penting dicintai dan mencintai. Intinya itu,” kata Irwan Hidayat.

Pengalaman ini diceritakan oleh Irwan Hidayat usai membuat iklan salah satu produk Sido Muncul bersama Anna Maria dan alm. Mbah Maridjan.

“Saya sering pergi bersama ajak gathering, pergi ke pasar-pasar. Kalau di pasar-pasar ada Donny Kesuma, Chris John, Maia Estianty, Rieke Diah Pitaloka, tapi banyak yang senang foto dengan Anna Maria dan Mbah Maridjan. Saya mendapat sesuatu bahwa itu karena mereka dicintai banyak orang,” ungkapnya.

Sejak saat itu Irwan Hidayat memutuskan agar Sido Muncul harus menjadi perusahaan yang dicintai, dan salah satu caranya adalah dengan mencintai karyawannya.

“Kalau mau perusahaan dicintai, gampang kita harus mencintai karyawannya,” tutur Irwan.

Sedangkan faktor yang kedua dari kesuksesan bisnis Sido Muncul menurutnya adalah mencintai lingkungan dengan cara membuat produk yang terbaik agar masyarakat mencintai produknya.

Irwan juga menambahkan bahwa mencintai lingkungan juga dapat dilakukan melalui program CSR seperti program operasi katarak gratis, bibir sumbing, penanganan stunting dan lain sebagainya.

Dengan program memberikan manfaat bagi lingkungan itu, Sido Muncul akan dicintai dan ada di hati masyarakat hingga akhirnya kepercayaan tumbuh seperti sekarang ini.(*)

Baca juga: Sido Muncul Sabet Penghargaan Tertinggi Titanium dari BPOM, Kategori Industri Obat Tradisional

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat