androidvodic.com

FLOII Expo 2023 Resmi Dibuka, Menteri Teten Harap Pameran Industri Tanaman Hias Masuk Kalender Dunia - News

Laporan wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki menyatakan, pameran industri tanaman hias Floriculture Indonesia International Expo (FLOII) diharapkan bisa masuk dalam kalender dunia.

Sebab menurut Teten, penyelenggaraan pameran FLOII Expo yang telah digelar kedua kalinya ini melibatkan peserta dari luar negeri meliputi Thailand dan Filipina.

"Saya sudah yang kedua kali menyelenggarakan event yang diselenggarakan FLOII. Saya lihat daru tahun ke tahun eventnya makin baik," kata Teten dalam acara pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International Expo (FLOII) 2023 di ICE BSD Tangerang Banten, Kamis (28/9/2023).

Baca juga: Hari Tani Nasional 2023, Penjualan Produk Tanaman Naik 1,5 Kali Lipat di Marketplace

"Hari ini sudah ada peserta dari luar negeri Thailand, Filipina dan indonesia. Artinya FLOII ini sudah dilirik oleh internasional sebagai suatu event yang bisa kita kembangkan," imbuhnya.

Teten juga menyampaikan bahwa market industri tanaman hias ini cukup besar. Bahkan mengalahkan market kopi dan teh.

"Tapi kita bru 0,01 persen masuk pasar global dan itu tantangannya. Makanya event kayak gini penting dan kita butuh event ini untuk bagian besar dari strategi promosinya," jelasnya.

Untuk itu, Teten meminta agar ekosistem dalam industri tanaman hias ini diperbesar agar bisa masuk dalam pasar global.

"Kita butuh dan orang pasti mau datang ke indonesia karena kita marketnya cukup besar. Kita juga punya varietas jenis tanaman yang bukan saja daru luar tapi juga dari alam kita yang cukup banyak," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Fasen Creative Quality Michael Bayu A. Sumarijanto menambahkan, pameran ini melibatkan tak hanya peserta dari luar negeri namun didominasi oleh para pelaku UMKM.

"Masih banyak dari teman-teman yang berpameran di sini statusnya masih UMKM dan melalui etalase pameran ini memohon dukungan agar ini bisa dilirik secara lebih besar lagi tentang potensi yang sangat signifikan. Terutama Indonesia sebagai eksportir di Asia Tenggara. Kita tidak boleh kalah dengan Thailand," ucap dia.

Bayu mencatat, peserta internasional yang terlibat dalam pameran FLOII Expo ini meliputi Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia dan Taiwan.

"Dari peserta buyer mancanegara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, India, Filipina, Vietnam, Taiwan, USA, dan Canada," ungkapnya.

Adapun pameran FLOII Expo ini mengangkat tema "Rooted in Tradition, Blooming in Innovation" yang diikuti oleh 150 peserta secara keseluruhan.

Pameran ini berlangsung selama 28 September hingga 1 Oktober 2023 dan menargetkan sebesar 8.000 pengunjung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat