androidvodic.com

Apkasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lewat Otonomi Expo 2024 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali menyelenggarakan pameran komoditi unggulan tahunan bertajuk Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Event ini diselenggarakan untuk mendorong tren positif pertumbuhan ekonomi daerah yang terus membaik pasca pandemi Covid 19. Peluncuran event ini dilakukan di Jakarta, Selasa (3/10/2023) dan dihadiri para bupati/kepala daerah anggota Apkasi.

“Kami dewan pengurus Apkasi berharap kegiatan AOE 2024 yang hari ini kita luncurkan, benar-benar dapat diikuti oleh segenap anggota dan dijadikan sebagai peluang dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah masing,” ujar Joune JE Ganda, Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi, Joune J.E. Ganda, mewakili Ketua Umum Apkasi.

Baca juga: Fadel Muhammad Minta Mahasiswa Kaji dan Kembangkan Potensi Ekonomi Daerah

Pihaknya menghimbau kepada pemerintah kabupaten yang berpartisipasi di penyelenggaraan AOE 2024 agar bergabung dengan segera mengusulkan proses penganggarannya.

Sarman Simanjorang, Direktur Eksekutif Apkasi yang juga Ketua Pelaksana AOE 2024 menjelaskan, AOE 224 akan diselenggarakan pada 10-12 Juli 2024 di JCC, Senayan, Jakarta dengan mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045”.

Ini merupakan event AOE yang ke-19 kalinya dan menjadi wadah tepat untuk melanjutkan pemulihan ekonomi daerah di berbagai sektor, terutama di sektor perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif serta investasi.

"Pemerintah daerah dan stakeholder lain harus memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, mengingat permintaan ekspor komoditi pertanian dan perkebunan, seperti kopi, cokelat, karet, rempah-rempah, jagung, kelapa, sayuran dan buah-buahan mulai kembali menggeliat. Peluang ini harus segera ditangkap oleh pemerintah daerah," ujarnya.

Dia mengatakan, sektor pariwisata juga mulai menggeliat dengan dibukanya kembali destinasi wisata di Indonesia. Para investor juga mulai melirik daerah untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor. Melalui penyelenggaraan AOE 2024 Trade, Tourism & Investment, organisasinya berupaya memfasilitasi daerah memanfaatkan berbagai momentum dalam membangkitkan dan memulihkan perekonomian daerah.

Pihaknya siap memfasilitasi para buyer dan investor potensial melalui kerjasama dengan Kementerian Perdagangan serta melibatkan Indonesia Trade Prmotion Center (ITPC) di luar Negeri.

"Kami berharap seluruh anggota Apkasi dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote dapat berparsipasi menjadi peserta AOE 2024 mendatang," ujarnya.

Dia juga berharap korwil Apkasi seluruh Indonesia dapat mengimbau seluruh anggotanya untuk berpartisipasi pada kegiatan ini karena mereka merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan Apkasi.

Project Manager AOE 2024, Syaifuddin Chaidir mengatakan, sebanyak 146 dari total 363 stand sudah terpesan atau sebanyak 42 persen kuota sudah terisi untuk penyelenggaraan pameran ini.

"Kami memprioritas pemerintah kabupaten yang belum ikut untuk segera memesan stand agar bisa memilih space-space yang strategis,” ujarnya.

Selama penyelenggaraan AOE 2024, pihaknya juga menyiapkan side event seperti business matching, workshop, fashion show Wastra Nusantara, Apkasi Jurnalistik Award dan pertunjukan seni budaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat