androidvodic.com

Bangun Ketahanan Ekonomi Umat, Mardiono Buat Terobosan Lewat Bank Syariah Mu’amalah - News

TRIBUNNEWA.COM, JAKARTA – Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono terus membuat terobosan dalam rangka menggerakan perekonomian umat di daerah.

Kali ini, Mardiono mendirikan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Cilegon, Banten yang bertujuan untuk memfasilitasi umat agar ekonomi bergerak secara berkesinambungan.

Mardiono mengungkap asal-usul tercetusnya ide membangun lembaga keuangan untuk umat.

Baca juga: Terus Tunjukan Komitmen dan Terdepan di Sektor Bank Syariah, BSI Sabet Berbagai Penghargaan di 2023

Awalnya sejak 30 tahun lalu, dirinya bersama KH Embay Mulya Syarief membuat forum studi kandungan Alquran. Forum tersebut membahas dan membedah bahwa umat harus berbuat apa yang sesuai diajarkan Alquran.

Dari studi yang dilakukan, banyak kesimpulan yang didapat dari forum itu, satu di antaranya tentang perlunya ada fasilitas yang bisa menumbuhkembangkan ekonomi umat agar terus berkesinambungan dan membangun ketahanan ekonomi umat.

"Maka kami sepakat mendirikan BPRS Mu’amalah ini,” kata Muhamad Mardiono, usai mengunjungi BPRS Mu’amalah, Jumat (6/10/2023) kemarin dilansir dari kete

Muhamad Mardiono menyebut, BPRS Mu’amalah yang didirikannya menerapkan sistem syariah.

Artinya, tidak memiliki kebijakan yang dapat menzalimi umat.

“Kami pendiri dan pemegang saham insyaAllah tidak pernah mengambil keuntungan. Serta menerapkan sistem syariah dan memiliki dewan pengawas syariah, yang tidak diperkenankan bank tersebut memberi kebijakan menzalimi umat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Syaiful Rahmat Dasuki yang turut hadir berbincang bersama karyawan BPRS Mu’amalah mengapresiasi adanya BPRS Mu’amalah.

Di mana pendirinya, Muhamad Mardiono tidak mengejar invetasi dunia namun mengajarkan investasi akhirat.

“Ini tentunya menjadi solusi terbaik untuk membantu kehidupan umat, apalagi ada beberapa poin di luar kebiasaan. Seperti Ketika ada nasabah yang meminjam dan di tengah jalan usahanya gagal maka diputihkan. Ini artinya bank Muamalah yang dihadirkan tidak mengejar investasi dunia tapi mengajarkan investasi akhirat,” kata Syaiful.

Adapun sejak awal berdirinya BPRS Mu’amalah telah membantu perekonomian umat, salah satunya bagi para guru, siswa, maupun orang tua siswa yang kurang mampu dari sekolah yang ada di sekitar BPRS Mu’amalah, Cilegon, Banten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat