androidvodic.com

Kesiapan MotoGP Mandalika Sudah 100 Persen, Sandi Sebut Perputaran Ekonomi Bakal Tembus Rp8 Triliun - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan seluruh kesiapan terkait perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 telah mencapai 100 persen.

Ajang balapan yang akan digelar di Pertamina International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023 ini, disambut antusias penonton. Di mana jumlah tiket yang terjual telah mencapai puluhan ribu tiket.

"Persiapan sudah 100 persen dalam beberapa hari ini, terutama besok kita akan pantau berapa tiket yang terjual," ucap Sandiaga saat ditemui di Jakarta, (12/10/2023).

Baca juga: Penjualan Tiket MotoGP Mandalika 2023 Sudah Mencapai 90 Persen

"Tapi kami yakin capaiannya bisa lebih baik dari capaian tahun lalu," sambungnya.

Sandi melanjutkan, pada gelaran tahun sebelumnya, MotoGP seri Mandalika telah memberikan dampak perputaran ekonomi yang jumlahnya tembus hingga triliunan rupiah.

Untuk tahun ini, ia meyakini nilainya akan melebihi atau di atas dari pencapaian sebelumnya.

Menurut Sandi, perhelatan MotoGP juga akan memberikan dampak terhadap sektor pariwisata dan para pelaku usaha ekonomi kreatif.

"Tahun lalu itu dampaknya di atas Rp8 triliun untuk ekonomi, bukan hanya Nusa Tenggara Barat, tapi ekonomi sektor pariwisata ekonomi kreatif dan sektor ekonomi terkait lainnya dan ada lebih dari 30 ribu lapangan kerja yang tercipta," papar Sandi.

"Tahun ini targernya lebih baik dengan peningkatan 10-15 persen," pungkasnya.

Diketahui, Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 segera digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney melalui anak usahanya PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) siap menggelar perhelatan dunia MotoGP di sirkuit kebanggaan Indonesia untuk kedua kalinya.

Baca juga: Pengamat Apresiasi Dukungan Pertamina di Event MotoGP 2023 di Mandalika

Sebagai bukti konkrit mewujudkan kebangkitan pariwisata di Indonesia, melalui salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia, yaitu Mandalika, InJourney berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk sukseskan MotoGP 2023 ini.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh InJourney Group melalui anak usahanya, ITDC beserta PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya.

Kerja keras persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit. Salah satunya dengan memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit.

Dari total luasan 27.380 m2 , pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 m2. Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system.

Selain kesiapan fisik, MotoGP 2023 di Mandalika juga memberikan kesempatan besar kepada masyarakat sekitar untuk berkontribusi langsung di kejuaraan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat