androidvodic.com

Pesan Pengusaha ke Capres-Cawapres, Diminta Jaga Iklim Dunia Usaha dan Stabilitas Ekonomi - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Para pengusaha di Tanah Air berharap para Capres dan Cawapres yang akan ikut berkompetisi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mampu memberikan gagasan untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman.

Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Anggawira mengungkapkan, kepemimpinan di era Presiden Joko Widodo dinilai cukup baik, khususnya dalam memperbaiki iklim dunia usaha di Tanah Air.

Baca juga: Visi Misi Anies-Cak Imin bila Terpilih Jadi Presiden dan Wapres: Indonesia Adil Makmur untuk Semua

Sehingga harapannya, Presiden dan Wakil Presiden di periode selanjutnya dapat meneruskan kebijakan-kebijakan yang membuat kinerja dunia usaha di Indonesia semakin baik.

Selain itu, lanjut Anggawira, Pemerintahan 2024-2029 juga harus mampu menjaga stabilitas ekonomi serta politik di dalam negeri, agar arus investasi di Indonesia terus meningkat.

"Yang penting apa yang sudah dilakukan itu bisa dilanjutkan. Karena kan kompetisi kita dengan negara-negara tetangga," ucap Anggawira kepada Tribunnews, Sabtu (21/10/2023).

"Stabilitas juga menjadi hal yang penting agar investasi bisa berjalan dengan baik dan tidak ada keraguan lagi investor untuk masuk ke Indonesia," sambungnya.

Anggawira juga mengatakan, Presiden dan Wakil Presiden terpilih harus menyempurnakan kepastian hukum, kepastian aturan, serta kelembagaan untuk menunjang iklim usaha di Indonesia agar lebih baik lagi.

"Jadi dalam hal ini meski Pak Jokowi sudah merformasi (kebijakan) seperti Ombibus Law, tapi kan dalam pelaksanaannya masih cukup beragam," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan Ekosistem Keuangan Digital Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Pandu Sjahrir juga memberikan pesan khusus kepada para calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang bakal berkompetisi di perhelatan pilpres 2024.

Pandu meminta, Presiden periode 2024-2029 mampu meneruskan program Indonesia Emas 2045. Di mana program tersebut merupakan program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Pedagang Pasar Minta Anies, Ganjar, Hingga Prabowo Untuk Fokus Kendalikan Pangan

"Kami dari Kadin sih netral. Tapi kita mau siapapun nanti yang jadi penerus ya program ekonomi juga harus terus, apalagi untuk indonesia emas 2045, apalagi untuk 5 tahun ke depan," ucap Pandu saat ditemui di Plaza Senayan, Rabu (18/10/2023).

Kemudian, Kadin meminta Presiden selanjutnya untuk memerhatikan isu peningkatan kualitas SDM di Tanah Air. Mulai dari sisi pendidikan, kesehatan, maupun lingkungan.

"Tolong juga SDM menjadi sumber utama yang bisa diprioritaskan, baik dari sisi pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup," beber Pandu.

"Pro yang berkelanjutan ekonomi Indonesia, tapi juga harus adil, ini penting. Jangan ada terlalu banyak perbedaan dan juga equal akses kesempatan buat setiap warga negara," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat