androidvodic.com

Pengguna LRT Perlu Bersabar, Ada Perawatan Kereta yang Bikin Jarak Kedatangan Jadi Lebih Panjang - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Masyarakat diminta bersabar menghadapi operasional LRT Jabodebek yang saat ini belum optimal setelah beberapa hari lalu LRT Jabodebek membatalkan sejumlah perjalanan akibat adanya perawatan sejumlah sarana kereta api (KA).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, ada 28 perjalanan LRT Jabodebek yang dibatalkan sebagai dampak dari perawatan sarana.

Pembatalan sejumlah perjalanan LRT Jabodebek mengakibatkan headway atau jarak kedatangan antar kereta menjadi lebih panjang.

Menanggapi hal tersebut, Adita mengatakan LRT Jabodebek merupakan teknologi baru, jadi pasti proses mempelajarinya masih terus berjalan.

"Sekarang kan yang penting dengan teknologi baru yang diutamakan tetap keselamatan. Jadi lebih baik kita melakukan maintenance dengan konsekuensi memang tentu trainset-nya tidak sesuai target. Seharusnya targetnya memang kita bisa tingkatkan dari 16," ujarnya ketika ditemui di kantor Kemenparekraf, dikutip pada Selasa (24/10/2023).

Satu hal yang Adita tekankan, saat ini yg terpenting adalah kereta-kereta ini betul-betul siap dan ia memastikan KAI juga melakukan perawatan sebaik mungkin.

Adita mengakui aktivitas perawatan akan berdampak pada headway yang sekarang disebutnya masih belum mencapai target.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Tarif LRT Jabodebek Jarak Terjauh Rp 10 Ribu

"Kita sekarang juga tidak terlalu lama sih. 7,5 sampe 15 menit (headway-nya)," kata Adita.

"Ya ini mohon juga kepada masyarakat, kita mohon bisa bersabar. Yang penting kan sekarang kereta itu betul-betul bisa memberikan kenyamanan. Itu semua prioritasnya masalah keselamatan," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat