androidvodic.com

Bocoran Tarif Tol Indralaya-Prabumulih yang Diresmikan Presiden Jokowi, per KM Dibanderol Rp 1.300 - News

News – Operasional tol Indralaya-Prabumulih di Indralaya, Sumatera resmi disahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (26/10/2023).

Peresmian tersebut dilakukan Presiden Jokowi setelah tol sepanjang 64,5 kilometer ini rampung dibangun selama 4 tahun terakhir, tepatnya sejak 2019.

"Hari ini Alhamdulillah, jalan tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer telah selesai dan segera dioperasikan. Ini sudah dibangun sejak 2019, memang medannya bukan medan yang gampang, di Palembang Lampung utamanya Sumatera Selatan," ungkap Jokowi.

Baca juga: Resmikan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, Jokowi Harap Dapat Percepat Mobilitas

Dalam keterangan resmi yang dirilis di laman Setkab, dijelaskan peresmian baru dapat disahkan lantaran pembangunan jalan tol satu ini memakan waktu yang cukup lama, lantaran memiliki kesulitan yang cukup besar.

Dengan hadirnya jalan tol tersebut, kini perjalanan antara Ogan Ilir dan Prabumulih jadi terpangkas, dari awalnya memakan waktu 3 jam, kini jadi 1 jam.

Tak tanggung – tanggung untuk merealisasikan operasional tol ini, Presiden Jokowi rela mengguyurkan investasi senilai Rp 12,5 triliun.

"Biaya Investasi 12,5 Triliun, Investasi Memang Besar, Tetapi Manfaat Bagi Negara Bagi Rakyat Akan Sangat Luar Biasa Kalau Kita Bisa Menaikkan Konektivitas," Kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga turut meresmikan Jalan Layang Patih Galung di Kota Prabumulih.

Turut hadir dalam peresmian, antara lain, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,

Serta Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj Wali Kota Prabumulih Elman, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Bocoran Tarif Tol Indralaya-Prabumulih

Sebagai informasi, sebelum diresmikan presiden Jokowi jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih telah aktif dioperasikan per tanggal 30 Agustus secara gratis.

Namun rencananya setelah tarif gratis diberlakukan, PT Hutama Karya (Persero) akan mulai menetapkan tarif baru untuk pengguna jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih.

Adapun estimasikan tarif tol Indralaya-Prabumulih yakni sebesar Rp 1.338 per kilometer.

Dengan tarif tersebut, maka kalkulasi perjalanan menggunakan tol Indralaya-Prabumulih dibanderol Rp 83.850.

(News/Namira Yunia Lestanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat