androidvodic.com

Program Perberdayaan Desa Mandiri di Jawa Barat Sasar Kelompok Tani di Sumedang - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

News, JAKARTAPT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Universitas Padjdjaran (UNPAD) memulai Program Pemberdayaan Menuju Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan, Selasa, 24 Oktober 2023.

Program ini difokuskan pada Kelompok Tani (Poktan) Pangkalan di Dusun Pangkalan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kick l-Off dimulainya pelaksanaan program, ditandai dengan Pemukulan Patok Titik Air Pembuatan Sumur Artesis yang akan dibangun di lokasi tersebut, oleh Salman, selaku Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), didampingi Diah Fatma Sjoraida mewakili UNPAD selaku Ketua Tim Pelaksana Program danAsep Suhara, selaku Kuwu Desa Cilembu.

Kegiatan dihadiri pula Penyuluh UPTD Dinas Pertanian dan para anggota Poktan Pangkalan. Sebelumnya acara diawali dengan kegiatan “Pelatihan Integrated Farming” yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Fatah Wiyatna, salah satu dosen pada Universitas Pajadjaran.

Ini merupakan rangkaian lanjutan dari acara penandatanganan Berita Acara Kolaborasi antara kedua institusi tersebut pada tanggal 17 Oktober 2023 lalu.

“Pada program pemberdayaan ini, anggota kelompok tani akan diberikan edukasi dan pelatihan peternakan, pengolahan limbah organik menjadi pupuk padat/cairan dan biogas, budi daya hidroponik, pembuatan sumur artesis untuk pengairan/air bersih dan sebagainya. Dampak dari semua kegiatan tersebut adalah terciptanya ketahanan pangan”, demikian ungkap Salman dalam keterangannya.

Diah berharap, program ini harus benar-benar dimanfaatkan secara sungguh-sungguh oleh para anggota kelompok tani, karena telah terpilih sebagai objek dari pelaksanaan program pemberdayaan ini.

Baca juga: Tekan Kemiskinan, Ketua DPD RI Usul Pemberdayaan Ekonomi Desa Dipercepat

Secara umum, Kuwu Desa Cilembu dan Kelompok Tani Pangkalan, menyampaikan “Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pos Indonesia (Persero) dan UNPAD, yang telah menjadikan Poktan Pangkalan, Desa Cilembu sebagai penerima manfaat dari program TJSL PT Pos Indonesia (Persero)”

Baca juga: Wapres: Pemberdayaan Desa jadi Kunci Penanganan Stunting

Acara ini dioptimalkan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Cilembu tentang transformasi digitalisasi layanan pos baik layanan jasa pengiriman maupun jasa keuangan, oleh Tim Penjualan dari Kantor Pos Cabang Sumedang dan Regional 3 Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat