androidvodic.com

Sucofindo Dorong Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca Lewat Layanan Validasi dan Verifikasi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Sanusi

News, JAKARTA - PT Sucofindo mendukung realisasi pengurangan emisi gas rumah kaca melalui layanan keberlanjutan untuk skala internasional yang direalisasikan melalui layanan validasi dan verifikasi yang diluncurkan pada Agustus 2023.

Layanan validasi dan verifikasi Sucofindo telah membantu pelaku usaha yang akan memastikan perhitungan karbonnya dan atau melantai di bursa karbon Indonesia maupun luar negeri.

Selain menerbitkan opini untuk perusahaan dalam negeri, Sucofindo menerbitkan opini untuk perusahaan internasional yang beroperasi di luar negeri. Baru-baru ini dilakukan perhitungan klaim karbon pada proyek pengumpulan dan recycling sampah plastik di Inggris.

“Kami bekerja sama untuk pilot project pengumpulan dan recycling sampah plastik di United Kingdom, dan saat ini sedang dalam proses validasi,” kata Direktur Utama Sucofindo Jobi Triananda.

Selanjutnya, Jobi Triananda optimis melalui peranan Sucofindo sebagai lembaga validasi dan verifikasi dapat berkontribusi dalam kegiatan penurunan emisi tak hanya dalam lingkup nasional, tetapi dapat berperan di level Internasional.

“Memasuki usia 67 tahun Sucofindo, kami konsisten berkomitmen mendukung aksi mitigasi atas isu lingkungan. Selanjutnya, kami siap membantu mewujudkan Net Zero Emission serta mendukung industri terlibat dalam aksi mitigasi dan menjadikan Indonesia sebagai Bursa Karbon Dunia, melalui layanan Validasi dan Verifikasi,” kata Jobi Triananda.

Layanan validasi dan/atau verifikasi menurut Jobi Triananda sangat dibutuhkan, khususnya pada ekosistem bursa karbon.

“Kami melihat masa depan perdagangan karbon di Indonesia sebagai peluang untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Besarnya potensi proyek aksi mitigasi perubahan iklim di Indonesia, sehingga Sucofindo dapat menjadi salah satu lembaga dalam membantu mewujudkan pusat pasar karbon dunia," ujarnya.

Baca juga: Sucofindo Dukung Komitmen Indonesia Tahan Laju Emisi Karbondioksida

Dalam Ekosistem bursa karbon ini, peran layanan validasi dan verifikasi Sucofindo melakukan pemastian atas inventarisasi emisi organisasi dan klaim proyek-proyek serapan karbon yang diperjualbelikan,” kata Jobi Triananda.

Selain layanan layanan validasi dan verifikasi, Sucofindo dalam layanan hijau berkelanjutan, memiliki program Green generation Sucofindo, seperti layanan ESG Consultation dalam hal ini membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.

Baca juga: Sucofindo Kantongi Lembaga Validasi dan Verifikasi dari KAN

Sucofindo melayani audit energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, dan Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

“Kami optimis mampu memimpin industri jasa survei dalam pertumbuhan kinerja, dan mendukung para stakeholder dalam mengharmonisasikan bisnis dengan implementasi keberlanjutan lingkungan, sosial tata kelola yang baik melalui layanan TIC Sucofindo," ujarnya.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan tajuk filosofi Sucofindo di usia 67 tahun, yaitu Hal ini sesuai dengan tema perayaan HUT Ke-67 Sucofindo, yaitu Sucofindo Leading Beyond Growth.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat