androidvodic.com

Percepat Pengembangan KEK Pariwisata Mandalika, ITDC Gandeng 7 Investor Senilai Rp 1,5 Triliun - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menjalin kerja sama dengan tujuh investor untuk turut terlibat dalam percepatan pengembangan KEK Pariwisata Mandalika.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, ketujuh investor tersebut berasal dari dalam negeri maupun luar negeri dengan nilai total investasi tersebut sebesar Rp 1,5 triliun.

"Roughly atau nilai kasar itu Rp 1,5 triliun. Jadi kalau bisa dibilang ini merupakan sebuah perwujudan, walaupun kita belum bisa menghitung berapa total investasi secara kesungguhan," kata Ari saat Konferensi Pers di Injourney, dikutip Kamis (2/11/2023).

Baca juga: Jaga Kelestarian Danau Toba, BRI Peduli “Grow & Green” Tanam 2.500 Bibit Pohon di Samosir

Ari menyampaikan, pihaknya optimistis dengan kemudahan berinvestasi berupa insentif, serta proses pengurusan yang mudah akan semakin banyak investor masuk ke KEK Mandalika.

"Kami juga percaya investasi yang ditandatangani hari ini juga akan semakin menambah nilai jual kawasan baik di mata calon investor maupun wisatawan yang berkunjung. Dan pastinya menambah multiplier effect pengembangan Mandalika bagi ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Berdasarkan perhitungan ITDC lanjut Ari, saat ini multiplier effect yang timbul dari pengembangan KEK Mandalika berupa penyerapan tenaga kerja lokal sebanyak 350 Tenaga Kerja Operasional dan Pemeliharaan, 1.800 Tenaga Kerja Hotel dan Restaurant, 800 Tenaga Konstruksi, 8.000 Tenaga kerja Event.

Jumlah akomodasi wisata dan bisnis pendukung di dalam dan seputar kawasan sebanyak 947 Kamar Hotel, 410 kamar villa, 1.800 kamar homestay, 40 restoran, 15 toko modern, 5 beach club, dan 5 spa serta empat toko surfing. Selain itu, juga tersedia 1 SPBU, dan 5 klinik kesehatan.

Adapun penandatanganan kerja sama itu antara lain penandatanganan Heads Of Agreement (HOA) antara ITDC dengan PT Arena Pacu Nusantara terkait pengembangan The Horse Tainment Estate atau Pacuan Kuda.

Baca juga: Kondisi Pantai Kuta Mandalika yang Dibersihkan Pembalap MotoGP, Bersih Tanpa Sampah

Penandatanganan Term Sheet Hotel dengan PT ARCS House untuk pengembangan Hotel Jambuluwuk dan kerjasama ITDC dengan PT Istana Putri Mandalika untuk pengembangan Hotel Novotel.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Nota kesepahaman antara anak usaha ITDC yaitu ITDC Nusantara Properti dengan PT Ecomarine Indo Putra untuk pengembangan Wibit Water Sport dan Circuit Café.

Sementara itu, tiga investor lainnya sudah menjalin kerja sama yaitu PT Anjasmoro Sukses Mandiri untuk pengembangan Hotel dan Komersial, PT Star Motorsport Indonesia untuk pengembangan Mandalika Circuit Experience, dan PT Nora Jelajah Indonesia untuk Mandalika Racing Experience.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat