androidvodic.com

Indonesia Diklaim Bisa Cuan Rp 108 Miliar dari Piala Dunia U-17 - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan Indonesia bisa untung atau cuan sampai 7 juta dolar AS atau sekitar Rp 108 miliar (asumsi kurs Rp 15.448 per dolar AS) dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

Sandiaga menyampaikan, setiap penonton dari negara pendukung bisa menghabiskan 2.000 - 5.000 dolar AS. Estimasi dari Kemenparekraf bakal menguntungkan antara 5-7 juta dolar AS. Tapi pergerakan ekonomi secara menyeluruh bisa jauh dari itu.

"Dampak ekonomi dari perhelatan Piala Dunia U-17 ini akan membawa 5-7 juta dolar AS," terang Sandiaga di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca juga: Jadwal Bola Hari Ini, Indonesia Penonton Piala Dunia U17, Kualifikasi Euro Inggris hingga Italia

Sedangkan, pergerakkan wisatawan nusantara diyakini akan lebih dari 250 ribu. Selain dari Piala Dunia U-17, kontribusi juga datang dari konser Coldplay Jakarta. Karena itu, dua penyelenggaraan event bertaraf internasional tersebut, diyakini akan meningkatkan pergerakkan wisatawan.

"Pergerakkan wisnus di atas 250 ribu. Kita harapkan pergerakkan ekonomi cukup signifikan," tambah Sandiaga.

Diberitakan Kompas, jumlah penonton yang dihimpun FIFA dan diumumkan ketika memasuki menit ke-75 di semua pertandingan, jumlah suporter yang hadir langsung sesuai data FIFA di pertandingan adalah 260.123 orang.

Dengan menghitung rerata dari 32 gim yang telah berjalan sukses, maka tingkat okupansi rata-rata stadion per pertandingan berada adalah 8.410 penonton. Itu menunjukkan angka resmi yang dihitung FIFA masih jauh dari target yang dicanangkan badan sepak bola dunia itu.

Dalam babak penyisihan, tiga pertandingan Indonesia menjadi pertandingan yang menyedot animo masyarakat terbesar. Di luar itu, duel Inggris melawan Brasil di JIS dan pertarungan seru Jepang kontra Argentina di Si Jalak Harupat juga mampu menarik minat puluhan ribu suporter membeli tiket pertandingan.

Merujuk data FIFA, 15.171 orang membeli tiket untuk menyaksikan kemenangan Brasil atas Inggris, 2-1, Jumat (17/11/2023). Kemudian, kebangkitan Argentina yang menumbangkan Jepang, Selasa (14/11/2023), menarik minat 12.324 orang untuk membeli tiket.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat