androidvodic.com

Sebanyak 305 Investor Minat Investasi di IKN, Paling Banyak dari Indonesia - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA -- Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyebut pihaknya sudah menerima 305 surat pernyataan minat atau letter of intent (LOI) untuk ikut menanamka investasi dalam proyek pembangunan IKN.

Adapun sebagian besar surat pernyataan minat tersebut berasal dari investor dalam negeri, sementara sisanya dari asing

"Kita bisa lihat yang menunjukkan pertama adalah sebaran minat dari para investor di seluruh dunia yang ada dari situ terlihat memang paling banyak itu investor Indonesia, dari 305 yang 172 itu investor merah putih," kata Deputi Bidang Pembiayaan & Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam media briefing secara online, Senin (20/11/2023).

Baca juga: Belum Ada Investor Asing Masuk ke IKN, Jokowi: Tunggu yang Domestik Dulu

"Jadi kalau 172 dari 305 ini adalah merah putih, maka sisanya tentunya sekitar 133 itu adalah investor asing," kata dia.

Dia mengatakan sebaran investor paling banyak dari Asia, di antranta Singapura, Malaysia, Jepang hingga negara-negara Timur Tengah.

Secara rinci, dari 305 surat pernyataan minat tersebut terdiri dari Indonesia 172 LOI, Singapura 27 LOI, Jepang 25 LOI, Malaysia 19 LOI, China 19 LOI, Korea Selatan 9 LOI, Amerika Serikat 7 LOI, Finlandia 3 LOI, Spanyol 3 LOI, Uni Emirat Arab 2 LOI, Thailand 2 LOI, Jerman 2 LOI, dan lainnya 18 LOI.

Agung mengatakan bahwa investor domestik dinilai sangat cepat menindaklanjuti pernyataan minat terhadap IKN ketimbang l investor asing.

"Itu terlihat tahapan-tahapan bagaimana investasi dilakukan mulai dari surat minat atau LOI sampai kepada kesepakatan," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat