androidvodic.com

Program Kolaborasi Belasan BUMN Sasar Kawasan Wisata Sindoro Water Park di Temanggung - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Belasan badan usaha milik negara (BUMN) menjalankan program BUMN Teman Tersenyum (BUMN Untuk Temanggung yang Bersih, Sehat dan Nyaman untuk Umum) di Kawasan Wisata Sindoro Water Park, Desa Rejosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat, 17 November 2023.

Program ini dijalankan 17 BUMN, salah satunya Peruri sebagai bentuk program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN dan diresmikan secara bersamaan oleh Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN, Bupati Temanggung, perwakilan 17 BUMN penyelenggara program, yang juga disaksikan oleh masyarakat penerima program.

BUMN Teman Bersenyum merupakan bagian dari komitmen BUMN terhadap pembangunan berkelanjutan yang memerlukan dukungan serta kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan.

Baca juga: Ini Arah Kebijakan Dana Desa Hingga Otsus 2024 untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu tujuannya adalah mengubah Temanggung menjadi destinasi unggulan yang kaya akan budaya, sejarah, dan potensi alam yang menarik.

Pelaksanaan program ini di antaranya adalah pembangunan kios UMKM, pengadaan sarana prasarana camping ground, dan pengadaan sarana prasarana rumah kemasan UMKM pada Desa Rejosari, Kecamatan Bansari.

Untuk Desa Gentan di Kecamatan Kranggan, program ini diimplementasikan dengan cara pengadaan pipanisasi saluran air bersih.

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, mengatakan pentingnya perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan masyarakat, menjadi fokus utama dalam membangun setiap program TJSL yang lebih berdampak.

Pengukuran impact program, baik dari segi kualitas maupun kuantitas adalah hal kritis dalam mengembangkan setiap program.

Eko juga berharap agar program-program yang berasal dari kolaborasi BUMN tidak hanya diterapkan sementara, melainkan harus dirawat, terus dimanfaatkan, dan dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain.

Guna meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat, terutama para pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pada program ini juga diadakan Pelatihan Manajemen BUMDes.

Pelatihan digital marketing juga dilakukan untuk memperluas wawasan dan keahlian pelaku UMKM dalam pemanfaatan teknologi digital guna mempromosikan produk lokal dan mengembangkan potensi ekonomi di tingkat lokal.

Melalui kedua pelatihan itu masyarakat diharapkan akan lebih siap dan terampil dalam mengelola potensi ekonomi lokal mereka yang pada akhirnya dapat berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bersama masyarakat Temanggung.

Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri mengatakan, program kolaborasi BUMN ini tidak hanya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, tetapi juga fokus pada mendorong kemandirian masyarakat melalui potensi yang dimiliki pada daerah tersebut.

"Ini merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” kata Ratih Sukma Pratiwi, dikutip Selasa, 21 November 2023.

Pj. Bupati Temanggung yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Masrik Amin Zuhdi, menyambut baik kehadiran program BUMN Teman Bersenyum di Kabupaten Temanggung. Sebagai pihak yang mewakili masyarakat, Ia berharap agar program ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Temanggung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat