androidvodic.com

PLTU Pelabuhan Ratu Segera Disuntik Mati, Sudah Diusulkan ke Skema Pendanaan JETP - News

News, JAKARTA - Pemerintah serius menjalankan pensiun dini PLTU di Indonesia. Satu diantaranya yang masuk prioritas adalah PLTU Pelabuhan Ratu di Jawa Barat selain PLTU Cirebon 1.

Terkait ini, PLTU Pelabuhan Ratu sudah masuk ke dalam daftar prioritas skema pendanaan Just Energy Transition Partnerhsip (JETP).

Di dalam dokumen Investasi dan Kebijakan Komprehensif atau comprehensive investment and policy plan (CIPP), pembangkit berkapasitas 969 MW ini akan dipangkas umurnya lima tahun lebih awal sehingga hanya akan beroperasi sampai 2037 dari yang sebelumnya sampai 2042.

Proyek ini diestimasikan membutuhkan investasi senilai US$ 870 juta atau setara Rp 13,48 triliun (kurs Rp 15.500 per dolar AS).

Direktur Utama Bukit Asam, Arsal Ismail menyatakan pemensiunan PLTU Pelabuhan Ratu masih berproses dengan pemerintah.

“Dalam hal ini kita masih menunggu arahan dari pemerintah,” ujarnya ditemui di Gedung DPR RI, Senin (27/11/2023).

Arsal mengakui proses uji kelayakan pun hingga saat ini masih terus dilakukan dengan PLN.

Saat dikonfirmasi, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu menyatakan saat ini proyek pensiun dini PLTU Pelabuhan Ratu masih dalam pembahasan. Adapun pemerintah masih fokus pada proyek PLTU Cirebon 1 terlebih dahulu.

“Baru PLTU Cirebon dulu. (PLTU Pelabuhan Ratu) masih dibahas,” ujarnya dihubungi terpisah. Namun dia tidak memerinci terkait pembahasan tersebut sudah sejauh apa.

Baca juga: Indonesia dan ADB Setuju Percepat Pensiun Dini PLTU

Pensiun Dini PLTU Cirebon 1

PT PLN mengatakan untuk pensiunan dini PLTU Cirebon 1 telah mengantongi komitmen pendanaan. Suntik mati PLTU ini akan mengakselerasi upaya suntik mati pembangkit batubara lainnya di Indonesia.

Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto menyampaikan, pada perhelatan COP28 di Dubai, PLN bersama dengan PT Cirebon Electric Power (CEP), Asian Development Bank (ADB) dan Indonesia Investment Authority (INA) telah mencapai kesepakatan penting untuk mempercepat penghentian operasional PLTU Cirebon Power berkapasitas 1 x 660 megawatt (MW).

Baca juga: PLTU Cirebon-1 Segera Pensiun, Diharapkan Diumumkan Saat Acara COP 28 di Dubai

Melalui kesepakatan early retirement ini, PLTU Cirebon yang awalnya beroperasi hingga 2042 akan dipercepat menjadi 2035.

“Tahapan ini menjadi penting dalam komitmen Indonesia menjalankan transisi energi. Kesepakatan ini juga merupakan wujud kolaborasi antara pihak swasta, BUMN, Pemerintah dan stakeholder global dalam mewujudkan transisi energi di Indonesia,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (6/12).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat