androidvodic.com

Pelni Imbau Penumpang Gunakan Masker di Tengah Kasus Covid-19 di Indonesia yang Kian Meningkat - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni, mengimbau masyarakat yang akan bepergian menggunakan kapal penumpang maupun kapal perintis untuk mengenakan masker.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani menanggapi angka kasus Covid-19 di Indonesia yang mulai meningkat beberapa pekan terakhir.

Diketahui, Anda menegaskan bahwa pihaknya bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membahas menyoal hal tersebut.

Baca juga: Asyik! Tiket Kapal Pelni untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Begini Caranya

Hasilnya, kebijakan yang saat ini diambil berupa imbauan bagi para penumpang.

"Kemarin juga kita sudah membahas ini di Kemenhub ketika Rakornas, di BUMN, di Komisi VI DPR. Jadi langkah yang kami lakukan adalah menghimbau para penumpang untuk membawa atau mengenakan masker," kata Anda dalam acara Konferensi Pers Kesiapan PT Pelni Melayani Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Selain itu, Anda mengatakan bahwa pihaknya bakal mengikuti instruksi seandainya ada penetapan kembali dalam memakai masker. Misalnya saja menyiapkan masker untuk penumpang.

"Tetapi mengimbau ini sifatnya. Karena belum ada instruksi dari pemerintah, kan seperti dulu kalau dari pemerintah operator wajib menyiapkan masker dan segala macem sehingga kami belum menyiapkan itu. Jadi menghimbau kepada para penumpang saja," jelasnya.

Sebelumnya, Tren peningkatan kasus Covid-19 kembali terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 6 Desember 2023, rata-rata kasus harian Covid-19 bertambah sebanyak 35-40 kasus.

Sementara, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang.

Dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0.06 persen dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu ingatkan masyarakat terapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni KM Lambelu Desember 2023, Berangkat dari Tarakan Pukul 9 Malam

“Yang sakit, sekarang mewajibkan diri sendiri pakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga imunitas dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, kemudian jaga jarak, apalagi kalau sedang sakit agar tidak menularkan,” kata Dirjen Maxi pada keterangannya, Kamis (7/12/2023).

Maxi juga mengingatkan, masyarakat perlu waspada apabila mengalami gejala penyakit yang mengarah pada Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat