androidvodic.com

KNKT Turunkan Investigator Selidiki Kecelakaan Maut Bus Handoyo di Km 72 Tol Cipali - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan menurunkan tim investigator untuk menginvestigasi kasus kecelakaan maut bus Handoyo di Km 72 ruas Tol Cipali yang menewaskan 12 orang penumpangnya pada Jumat (15/12/2023) sore.

Seperti diketahui, bus Handoyo jurusan Yogyakarta-Bogor mengalami kecelakaan lalu lintas (laka) tunggal di ruas Tol Cikampek-Purwakarta Jawa Barat.

"KNKT akan melakukan investigasi kejadian tersebut," kata Kasubbag Datin dan Humas Sekretariat KNKT Anggo Anurogo saat dikonfirmasi Tribunnews, Jumat.

Menurut Anggo, pihaknya melihat bahwa jumlah korban dari laka bus Handoyo ini sudah masuk dalam kriteria KNKT untuk menindaklanjuti dengan melakukan investigasi.

"Karena jumlah korban sudah masuk dalam kriteria yang harus diinvestigasi KNKT," jelas dia.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Bus Terbalik 12 Orang Tewas, Sopir Dianggap Lalai dan Diamankan

Diberitakan sebelumnya, bus antarkota antarprovinsi (AKAP) PO Handoyo jurusan Yogyakarta-Bogor terlibat kecelakaan tunggal di ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Kecelakaan maut itu tepatnya terjadi di Interchange Km 72 Exit Tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023) sore sekitar pukul 15.50 WIB.

Kecelakaan itu menyebabkan 17 penumpang dan dua awak jadi korban. Sebanyak 12 penumpang di antaranya tewas di lokasi kejadian. Sebagian penumpang tewas dengan kondisi mengenaskan tergencet badan bus dan menghantam guard rail jalan tol

"Jadi bus PO Handoyo ini tujuan Yogyakarta-Bogor. Bus ini hendak keluar ke pul bus Handoyo di Purwakarta untuk mengambil penumpang," ucap Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Dadang Supriadi, kepada wartawan di lokasi kejadian, Jumat (15/12/2023).

Baca juga: Astra Tol Cipali Telah Evakuasi Bus Kecelakaan Maut 12 Orang Meninggal, Begini Kronologinya

"Namun, berdasarkan keterangan pengemudi, saat di lokasi kejadian bus melintas dengan kecepatan tinggi dan akhirnya hilang kendali hingga menabrak pembatas jalan, kemudian terguling arah kanan."

Dadang menyebutkan bahwa ada 12 orang korban tewas, dua orang luka berat, dan lima orang luka ringan.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bus Handoyo di Tol Cipali: Tabrak Pembatas Jalan lalu Terguling, 12 Orang Tewas

"Total di dalam bus itu ada 20 orang. Sementara yang selamat ada sang pengemudi," ujarnya.

Korban tewas dan luka berat, kata Dadang, sudah dilarikan ke RS Abdul Radjak Purwakarta. "Korban luka ringan dilarika ke RS Siloam Purwakarta," kata Dadang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat