androidvodic.com

Peringati HUT Ke-128 BRI, Ini Sederet Prestasi yang Berhasil Dicapai BRI Selama Tahun 2023 - News

News, JAKARTA – Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-128 pada 16 Desember 2023, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam berkontribusi untuk negeri.

Tak hanya mencatatkan kinerja yang gemilang secara berkelanjutan, BRI juga berhasil menyabet beberapa prestasi-prestasi penting, baik di bidang utamanya, yakni industri keuangan maupun secara sosial dan lingkungan.

Tercatat hingga Desember 2023, setidaknya lebih dari 190 penghargaan disematkan kepada BRI. Penghargaan tersebut datang dari berbagai lembaga maupun organisasi di tingkat nasional dan internasional.

Salah satunya pada rangking Forbes, pemeringkatan BRI terus mengalami kenaikan selaman 13 tahun terakhir. Pada 2021, BRI berada di urutan ke 362 dan angkanya kemudian naik menjadi peringkat ke 349 pada 2022. Lalu, pada 2023, BRI menduduki peringkat ke 307 atau menjadi yang terbaik di Indonesia.

Diketahui, Majalah ekonomi terkemuka di dunia, Forbes secara terukur mempublikasikan Forbes The Global 2000 Tahun 2023 yang berisikan daftar 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan penjualan (sales), laba (profit), aset (assets), dan nilai pasar (market value).

Pemeringkatan yang didapatkan oleh BRI ini menunjukkan bahwa perseroan ini mampu menduduki peringkat teratas di antara perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Selain itu, kinerja BRI juga diapresiasi melalui penghargaan Global Finance 30th Annual Best Bank Awards 2023: Best Bank in Indonesia, Euromoney's Awards (Rank 1): Market Leader – Indonesia, dan memborong sembilan penghargaan di FinanceAsia’s 23rd Award, salah satunya Best Companies in Asia Poll: Best Financial Company (Gold).

Baca juga: Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Kampus Merdeka Cycle 6

Tak hanya dari sisi kinerja, begitu pun dari sisi transformasi digital, The Banker Innovation in Digital Banking Awards 2023 memberikan penghargaan kepada BRI untuk Transformation Project (Agen BRILink). Seperti diketahui, layanan AgenBRILink hadir untuk memudahkan masyarakat yang jauh di pelosok untuk bisa mengakses layanan perbankan.

Penetrasi AgenBRILink pun semakin tinggi dalam meningkatkan inklusi keuangan. Hingga Oktober 2023 jumlah agen telah mencapai 710 ribu agen yang tersebar di lebih dari 60 ribu desa atau meng-cover lebih dari 80 persen dari total desa di Indonesia.

Sementara untuk kinerja secara umum, BRI berhasil menjaga kinerja positifnya. Keberhasilan BRI Group menjaga kinerja positif tersebut ditunjukkan dari asset yang secara konsolidasian meningkat sebesar 9,93 persen year-on-year (YoY) menjadi Rp1.851,97 triliun per kuartal III-2023.

Pertumbuhan aset tersebut juga diiringi dengan perolehan laba dalam 9 bulan yang mencapai sebesar Rp44,21 triliun atau tumbuh 12,47 persen YoY.

BRI juga berhasil mendorong penyaluran kredit tumbuh 12,53 persen YoY menjadi Rp1.250,72 triliun. Seluruh segmen kredit BRI tercatat tumbuh positif, secara khusus penyaluran kredit UMKM juga tercatat tumbuh 11,01 persen dari semula Rp935,86 triliun di akhir Kuartal III-2022 menjadi Rp1.038,90 triliun di akhir Kuartal III-2023. Dengan demikian porsi kredit UMKM BRI terhadap total kredit mencapai 83,06 persen.

Berkaitan dengan core bisnisnya yakni UMKM, BRI juga mendulang prestasi, seperti belum lama ini, Bank Indonesia (BI) memberikan tiga predikat award kepada BRI berkat dedikasi dan komitmen dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan Indonesia.

Adapun tiga penghargaan yang diterima, yakni BRI sebagai Bank Pendukung Pembiayaan Inklusif Terbaik, Bank Pendukung Keuangan Hijau Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung pengendalian Moneter Valas Terbaik.

Baca juga: Dirut BRI Sunarso Dianugerahi Maestro CEO of The Year & BRI Jadi Most Profitable Bank with Best GCG

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat