androidvodic.com

Sinergi Jadi Kunci Keberhasilan Transformasi Hilirisasi Industri Pertambangan di MIND ID - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID meraih penghargaan The Most Initiative and Innovative Leader yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam mewujudkan transformasi hilirisasi industri pertambangan di Indonesia.

Penghargaan itu diberikan kepada Dilo Seno Widagdo selaku Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID yang memberikan perubahan signifikan hanya dalam waktu 2 tahun menjabat.

“Pencapaian dan penghargaan ini tidak hanya untuk saya semata tapi untuk seluruh manajemen dan seluruh karyawan grup MIND ID yang mampu membuktikan bahwa melalui sinergi kita mampu melampaui tantangan ini bersama,” ujar Dilo dalam keterangannya, Senin (18/12/2023).

Baca juga: Pemerintah Segera Perpanjang IUPK Vale Usai Pelepasan 14 Persen Saham ke MIND ID

Penghargaan ini pantas didapatkan mengingat Dilo Seno merupakan salah satu inisiator dan inovator dalam transformasi hilirisasi industri pertambangan di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, Dilo yang merupakan lulusan teknik mesin Universitas Trisakti dan magister Manajemen Internasional di Universitas Prasetiya Mulya membawa MIND ID menjadi pelopor transformasi hilirisasi industri pertambangan di Indonesia.

Dilo dinilai berhasil meningkatnya nilai tambah industri pertambangan yakni bertambahnya nilai tambah ekspor hasil hilirisasi nikel di dalam negeri mengalami lonjakan yang signifikan.

"Juga peningkatan labanya dari pada 2020, laba bersih MIND ID hanya sebesar Rp1,82 triliun, tahun 2021 laba bersih MIND ID melonjak jadi Rp14,33 triliun dan pada 2022 bertumbuh menjadi Rp22 triliun," katanya.

MIND ID semakin berkontribusi terhadap negara dan masyarakat dengan mengoptimalkan pertumbuhan untuk program-program kerakyatan. Salah satu program yang memberikan manfaat besar adalah membuka lapangan kerja.

"Kinerja positif MIND ID yang dipacu kehadiran Dilo tercermin dari dividen yang dibagikan beberapa anak usahanya.

Baca juga: MIND ID Lakukan Aksi Korporasi Mulai Transisi Energi hingga Hilirisasi Tambang

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) membagikan dividen tunai sebesar Rp1,91 triliun atau setara 50 persen dari total laba bersih 2022, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membagikan dividen tunai nilai hingga 100 persen dari laba 2022 senilai Rp12,6 triliun dan PT Timah Tbk juga menebar dividen sebanyak Rp312,44 miliar, atau 30 persen dari total laba 2022 senilai Rp 1,04 triliun.

MIND ID berhasil mewujudkan pembangunan smelter-smelter baru di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah smelter Feronikel di Halmahera Timur milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam), smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah milik PT Borneo Alumina Indonesia anak perusahaan Antam, serta smelter Tembaga Single Line di Gresik milik PT Freeport Indonesia.

Selain itu, MIND ID juga mengembangkan PT BAI yang awalnya hanya berjalan dua persen. Berkat dirinya, anggota Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI), akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional PT Timah Tbk.

Bisnis hilir MIND ID berkembang, seperti investasi di perusahaan-perusahaan hilir dan kerja sama dengan mitra strategis.

Lulusan teknik mesin Universitas Trisakti dan magister Manajemen Internasional di Universitas Prasetiya Mulya ini telah berhasil membawa MIND ID menjadi pelopor transformasi hilirisasi industri pertambangan di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat