androidvodic.com

Agar Produknya Laku, UMKM Perlu Perlu Perhatikan Kualitas Foto yang Diunggah di E-commerce - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Media sosial maupun e-commerce kini menjadi pilihan masyarakat untuk memasarkan produknya terutama bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Namun yang masih menjadi tantangan bagi mereka adalah kemampuan yang berbatas untuk menghadirkan foto produk yang berkualitas untuk diunggah di media sosial maupun e-commerce agar bisa menarik minat calon konsumen.

Nita Kurnia, seorang pegiat UMKM dan fotografer produk mengatakan pemilihan foto produk yang tepat bisa bisa menjadi daya tarik konsumen untuk membeli produk.

Nita lantas berbagi tips bagi pelaku UMKM dan blogger.

“Sebelum melangkah ke foto produk, Anda perlu mengenali produk itu sendiri. Apakah brand Anda berjenis fashion, food, atau aksesoris?," kata Nita saat Kelas Pintar Bersama bertema Tingkatkan Daya Saing Produk Lewat Fotografi & Media Sosial di Jakarta, Minggu (17/12/2023).

Nita mengingatkan agar para pelaku UMKM memahami ada sisi yang perlu dipertahankan dalam foto produk suatu brand agar konsumen mengenali ciri khas produk tersebut.

Lebih detail lagi Nita mengajak peserta Kelas Pintar yang terdiri pelaku UMKM dan mengundang komunitas Blogger di Jakarta untuk mempraktikan secara langsung bagaimana memotret produk.

“Langkah - langkah agar foto produk menarik, pertama siapkan background dan dapat membuat studio mini sendiri hanya dengan karton putih atau kertas HVS, selotip, meja, dinding," katanya.

Baca juga: TikTok Tak Ajukan Izin E-commerce ke Pemerintah untuk Buka TikTok Shop, Ini Penjelasan Mendag

Bila itu produk fashion, penggunaan model menjadi sebuah daya tarik utama dan pastikan juga pencahayaan yang baik dan cari tempat yang terang agar foto terlihat cerah dan detail," katanya.

Ia menambahkan, untuk tema foto juga harus disesuai dengan produk Anda, misal produk kopi, gunakan biji foto sebagai pendamping dan cari sudut pandang yang tepat.

"Langkah terakhir melakukan editing, kurasi, dan finishing untuk hasil akhir foto produk,” katanya.

Baca juga: Soal Kongsi GOTO-TikTok Shop, Akademisi Kritisi Penguasaan Pasar di Platform E-Commerce

Brand Manager Kredit Pintar, Puji Sukaryadi mengatakan, Kelas Pintar Bersama merupakan kegiatan edukasi yang dipersembahkan oleh Kredit Pintar untuk komunitas UMKM guna meningkatkan literasi keuangan serta pemberdayaan wirausaha.

"Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kami untuk mendorong UMKM naik ke level berikutnya sekaligus meningkatkan skala usaha,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat