androidvodic.com

7 Tips Merawat Motor Listrik Agar Baterai dan Komponen Lain Tahan Lama - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Peralihan kendaraan berbahan bakar bensin ke listrik, tentu akan sedikit mengubah kebiasaan dalam merawatnya.

Berbeda dengan sepeda motor konvensional, motor listrik tidak memerlukan penggantian oli maupun komponen mesin lainnya.

Guna memastikan kinerjanya tetap optimal dan umur pakainya maksimal, pengendara perlu tahu cara merawat motor listrik yang benar.

Baca juga: Ketua Umum Aismoli Katakan Pabrik Tangkas Motor Listrik Tertata Rapi

Sama seperti jenis kendaraan lain pada umumnya, motor listrik juga memerlukan perawatan yang baik. Bila hal tersebut tidak diterapkan, beberapa komponen dari motor listrik bisa mengalami penurunan kualitas dan berakhir pada kerusakan.

"Motor listrik tetap perlu perawatan, namun tidak serumit motor bensin, jauh lebih mudah. Paling utama seputar baterai dan kelistrikan," tutur General Manager PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor) Andry Dwinanda, Kamis (28/12/2023).

Menurut Andry Dwinanda, setidaknya ada 7 tips yang wajib diterapkan agar motor listrik bisa tahan lama masa pakainya.

1. Menjaga Kondisi Baterai

Baterai adalah komponen paling penting pada motor listrik. Sebaiknya gunakan jenis charger yang disediakan oleh pabrikan atau charger yang direkomendasikan.

Pastikan untuk selalu mengisi daya baterai sesuai dengan petunjuk yang ada pada buku manual panduan penggunaan. Hindari over charging.

Hal ini dapat merusak sel baterai dan memperpendek umur baterai. Selain itu, hindari penggunaan motor listrik sampai baterai habis sepenuhnya. Hal tersebut dapat mengurangi umur pakai baterai.

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Sulit Mencapai Target, Ternyata Masyarakat Masih Enggan Beralih

2. Periksa Rem

Rem yang baik adalah kunci keselamatan bagi pengguna motor listrik. Lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik.

Pastikan kampas rem memiliki ketebalan yang cukup. Segara ganti jika memang kampas sudah tipis.

Pastikan kondisi cakram rem dan kinerjanya tetap prima dengan memastikan tidak ada goresan atau deformasi yang dapat memengaruhi proses pengereman.

3. Cek Tekanan Ban

Tekanan udara yang tepat pada ban adalah kunci kenyamanan dan keamanan berkendara. Pastikan tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan yang tepat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kestabilan kendaraan.

4. Perhatikan Lokasi Parkir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat