androidvodic.com

Belum Memuaskan, MTI Minta Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh Dilakukan Sampai Berhasil - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengungkap uji coba sistem jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) belum memuaskan.

Menurut informasi yang didapat Ketua Forum Digitalisasi Transportasi MTI Muhammad Lutfi Bakrie, hasil uji coba yang sedang dilakukan di Tol Bali Mandara belum memuaskan.

"Uji cobanya setahu kami, Desember ini, hasilnya belum memuaskan secara teknologi dan secara end to end," katanya dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun MTI 2023 di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Baca juga: Pemerintah Diminta Evaluasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti MLFF, Ini Alasannya

"Hasil uji coba itu memang belum secara utuh berhasil dan belum sesuai dengan syarat atau prasyarat yang diinginkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian PUPR," lanjutnya.

Ia mengatakan, terkait dengan digitalisasi ini memang memerlukan kerangka kerja transformasi digital yang sesuai.

Jadi, menurut Lutfi, bukan hanya mengedepankan "people, process, technology", tetapi juga model bisnis, integrasi, serta pengalamannya.

Hal tersebut dia bilang perlu ditekankan dan juga diberikan catatan kepada pihak yang melaksanakan MLFF ini.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum MTI Tory Damantoro menambahkan bahwa secara umum pihaknya mendukung MLFF.

Hal itu tak lepas dari isu yang menjadi kekhawatiran MTI, yakni kemacetan di pintu tol yang disebut menyebabkan pemborosan BBM.

"Jadi, memang harus ada terobosan untuk (menyelesaikan masalah, red) di pintu-pintu tol, sehingga kita mendukung itu," ujar Tory.

Ia pun menegaskan ingin ketika MLFF sudah diterapkan, masyarakat sudah mendapatkan teknologi dan mekanisme yang terbaik.

Tidak hanya pemahaman teknologinya, tetapi full set end to end penggunaan MLFF di pintu-pintu tol ini.

"Pokoknya, diuji coba sampai berhasil baru ditetapkan," kata Tory.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat