androidvodic.com

Pembebasan Lahan Jadi Biang Kerok PSN Jalan Tol Ada yang Tak Rampung Tahun Ini - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Sejumlah proyek jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dipastikan ada belum bisa diselesaikan di tahun 2024 saat periode pemerintahan Jokowi-Maruf Amin berakhir.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap dari 42 PSN yang tak akan rampung tahun ini, beberapa di antaranya adalah proyek jalan tol seperti tol Serang-Panimbang.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mencontohkan Jalan Tol Serang - Panimbang.

"Serang Panimbang contohnya. Itu selesai tadinya memang kita targetkan 2024, namun karena ada masalah lahan dan sebagainya dan pembiayaan, kita geser ke 2025. Itu salah satunya," katanya ketika ditemui di ditemui di Gerbang Tol Limo Utama, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024).

Ia mengatakan, pembebasan lahan menjadi permasalahan utama dari mundurnya proyek jalan tol yang termasuk dalam PSN ini, ke tahun setelah 2024.

"Utamanya masalah pembebasan lahannya, yang tadinya kita target satu dua tahun selesai, ternyata mundur. Otomatis fisiknya juga bergeser," ujar Triono.

Selain Jalan Tol Serang - Panimbang, ia juga mengatakan bahwa ada juga tol di Sumatera yang target selesainya mundur. Sayangnya, dia tidak membeberkan jalan tol apa itu.

Baca juga: Cinere Depok dan Pamulang Tangsel Kini Terkoneksi Jalan Tol, Diresmikan Jokowi Besok

Mengenai apakah proyek-proyek yang target rampungnya mundur ini akan dilanjutkan atau tidak, Triono berujar hal tersebut tergantung arah kebijakan ke depan.

"Kita lihat kebijakan ke depan. PSN ini kan pada dasarnya untuk diselesaikan sampai 2024. Yang pasti (proyek jalan tol yang) belum kita kerjakan, baik tanah atau fisiknya, itu di-drop (tidak menjadi PSN lagi)" katanya.

Sebelumnya, dikutip dari Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut ada 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pengerjaannya selesai selepas tahun 2024.

Baca juga: Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh Belum Bisa Digunakan saat Mudik Lebaran 2024

Hal itu disampaikannya usai Rapat Terbatas tentang PSN bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (05/10/2023).

"Nah PSN juga ada proyek yang sifatnya konstruksi sudah berjalan, beroperasi sebagian, dan penyelesaiannya lewat dari tahun 2024," ujarnya dikutip dari tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, 42 PSN tersebut nilai proyeknya mencapai Rp 1.427,36 triliun. Namun, ia tidak menyebut PSN mana saja PSN yang dimaksud.

"Karena sifatnya proyeknya sudah berjalan dan financial nya sudah closing, nah tentunya ini proyek berlanjut sampai dengan selesai (meski selepas tahun 2024)," pungkas Airlangga.

Sebagai informasi, pada tahun ini, akan ada 25 PSN dengan nilai Rp 151,58 triliun yang akan diselesaikan sampai dengan 20 Oktober 2024.

Lalu, di antara 20 Oktober 2024 sampai Desember 2024, terdapat 12 PSN akan rampung dengan nilai mencapai Rp 23,45 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat