androidvodic.com

Ekonom Beberkan Tiga Isu Utama Sektor Jasa Keuangan, Suku Bunga Tinggi Jadi Sorotan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Peneliti Senior Core Indonesia Etika Karyani membeberkan tiga isu utama sektor jasa keuangan nasional tahun ini.

Ia mengatakan, isu pertama adalah soal diadakannya pemilu. Ada pemilihan presiden, pemilihan kepalada daerah, dan pemilihan legislatif.

"Nah, yang menarik dari tahun politik ini adalah kemungkinan konsumsi naik, investasi tertahan," kata Etika dalam acara Outlook Ekonomi Sektor-sektor Strategis 2024 di Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2024).

Baca juga: Tahun Ini, Bank Indonesia Diprediksi Bakal Turunkan Suku Bunga Acuan

Isu berikutnya adalah suku bunga yang tinggi. Ia mengatakan, suku bunga ini akan tetap tinggi di angka enam persen.

Etika menyebut, Bank Indonesia (BI) baru merencanakan akan menurunkan suku bunga di kuartal kedua, paling cepat di kuartal pertama.

"Tapi, ini juga harus melihat kondisi bagaimana perkembangan arah The Fed, Kalau The Fed menurunkan, katakanlah di kuartal pertama ini, mungkin BI akan merubah kebijkannya," ujar Etika.

"Tapi, juga ada yang lain perlu dipertimbangkan adalah inflasi. Inflasi itu harus kita 1,5 sampai 3,5 persen sesuai target," lanjutnya.

Isu terakhir adalah endemi covid-19. Etika mengatakan ada peluang bagi industri keuangan karena ada potensi meningkatnya aktivitas dan konsumsi masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat